Kewirausahaan dan Networking
Kewirausahaan dan Networking
Networking adalah seni dan praktek untuk menghadiri peristiwa sosial dan berhubungan atau melakukan kontak dengan orang-orang yang memiliki kemungkinan membantu usaha atau bisnis (Atomic Dog Publishing, 2006). Definisi ini diambil dari pengalaman dunia usaha atau sektor komersial.
Sedangkan definisi yang berikut lebih dilihat dari pengalaman dalam bidang sosial dimana jejaring dapat juga diartikan sebagai suatu proses dimana dua atau lebih individu atau organisasi bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama (Pratomo, 2010).
Penerapan Networking dalam bidan pribadi (praktek profesional) dapat berupa :
1) Promosi dan pemasaran pelayanan bidan secara getok tular (dari mulut ke mulut) untuk menjaring klien baru.
Hal ini diperoleh ketika ada seorang klien atau pasien yang merasa puas dengan pelayanan profesional bidan tersebut, dia dapat menjadi sumber informasi untuk menyebarkan informasi tersebut kepada klien lain maupun calon klien lain terutama yang mengalami ketidakpuasan untuk pindah ke pelayanan profesional oleh bidan tersebut.
2) Promosi dan pemasaran pelayanan bidan melalui jejaring media sosial.
Bidan yang up to date (mahir dan tidak ketinggalan jaman) dengan teknologi kini dan tidak gatek dapat sharing informasi dan pengalaman dan berkomunikasi dengan klien atau calon klien menggunakan media sosial misalnya FB, Twitter dsb.
Last modified: Friday, 22 November 2024, 3:53 PM