General
Mata kuliah ini membahas tentang Filosofi Kebidanan, Evidence Based dalam Praktik Kebidanan, Teori Kebidanan, Kajian Perempuan, Perspektif Ilmu Sosial Budaya dan Humaniora dalam Praktik Kebidanan
- Menguasai
konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis,
model praktikum kebidanan, dan etika profesi secara mendalam
- Menguasai
konsep teoritis penelitian dan evidence
based practise dalam praktik kebidanan
- Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan
bidangkeahliannya
- Mampu
mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan
petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik
kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas,
bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi
(remaja, perempuan usia subur dan perimenopause) serta pelayanan KBkebidanan
komunitas yang berbasis pada partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah
melalui pendekatan interprofesional
- Menguasai
konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis,
model praktikum kebidanan, dan etika profesi secara mendalam
Handayani. (2017). Penatalaksanaan Manajemen Kebidanan dan sistem Pendokumentasian
Monica Welliangan, M. F. (2019). Jakarta. Asuhan Kebidanan Kehamilan.persalinan, nifas dan bbl
Armini. (2017). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak. Pra Sekolah. Yogyakarta.
Mangkuji, B. (2017). Asuhan Kebidanan 7 langkah SOAP. EGC
Irianti. (2017). Asuhan persalinan Kebidanan. Asuhan Kebidanan , Jakarta Timur
Rukiyah. (2019). Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. CV. Trans Info Media
R., N. (2016). Program Pemberian Makanan Tambahan untuk Peningkatan Sttaus gizi ibu hamil dan balita. Jurnal Resolusi Konflik, CSR, dan Pemberdayaan
Yulliana, S. &. (2018). Asuhan Kebidanan komprehensif. Surakarta
Rencana pembelajaran semester mata kuliah asuhan kebidanan adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran pada mata kuliah asuhan kebidanan