Tahapan dan Indikator Kemampuan Berpikir Reflektif

Indikator

Keterangan

Reacting (berpikir reflektif untuk aksi), dalam fase ini hal-hal yang harus dilakukan oleh peserta didik adalah:

  • Menyebutkan apa saja yang ditanya pada soal.
  • Menyebutkan apa yang diketahui.
  • Menyebutkan hubungan antara yang ditanya dengan yang diketahui.
  • Mampu menjelaskan apa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab yang ditanyakan.

Pada fase ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli Curiosity (keingintahuan dalam pemahaman masalah).

Comparing(berpikir reflektif untuk evaluasi), pada fase ini peserta didik melakukan bebrapa hal sebagai berikut :

  • Menjelaskan jawaban pada permasalahan yang pernah didapatkan.
  • Mengaitkan masalah yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi.

Pada fase ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli Suggestion berupa gagasan yang dirancang sesuai pengetahuan yang telah diketahui.

Conteplanting (berpikir reflektif untuk inkuiri kritis), pada fase ini peserta didik melakukan beberapa hal :

  • Menentukan maksud dari permasalahan.
  • Mendeteksi kesalahan pada jawaban.
  • Memperbaiki, menjelaskan apabila terjadi kesalahan dari jawaban.
  • Membuat kesimpulan dengan benar

Pada fase ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli berupa keteraturan (Orderlinnes) berdasar Curiosty (keingintahuan) dan saran (Suggestion).

Last modified: Tuesday, 12 November 2024, 2:06 PM