Mobile Banking

Pengertian Mobile Banking

            Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking.

Apabila menggunakan layanan sms banking, transaksi hanya dapat dilakukan menggunakan pesan singkat (SMS), maka dengan menggunakan layanan mobile banking Anda dapat menggunakan fitur lain yang lebih canggih.

Fitur ini dapat Anda akses melalui dua cara.

- Pertama adalah dengan menggunakan aplikasi dengan cara mengunduh aplikasi layanan mobile banking di app-store yang disediakan pada smartphone yang Anda miliki.

- Kedua adalah dengan mengakses melalui menu provider. Namun tidak semua provider memiliki layanan mobile banking ini, hanya ada beberapa provider yang menyediakan layanan mobile banking. Seperti salah satu contohnya adalah mobile banking BCA yang dapat diakses melalui provider Indosat, XL, dan Telkomsel.

Cara Mudah Mendaftar Mobile Banking dengan Aplikasi Android

Mendaftar mobile banking android bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah melalui tahapan sebagai berikut:

·         mengunduh di situs bank dimana Anda ikut layanan mobile banking

·         Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang diberikan oleh bank di mana Anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335

·         Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat password dan identitas rahasia yang nantinya akan Anda gunakan untuk login

·         Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer servis di bank Anda

Keuntungan dan Kekurangan Layanan Mobile Banking

            Layanan mobile banking memiliki banyak keunggulan dan sangat mudah digunakan. Layanan ini meliputi cek saldo, cek sekaligus membayarkan tagihan kartu kredit, transfer uang, mutasi rekening tabungan, cek suku bunga, pembelian pulsa, pembayaran rekening listrik, telepon, air dan banyak hal.

Selain itu, dalam menggunakan mobile banking, akan ada sejumlah keuntungan dan kekurangan yang akan Anda terima, diantaranya:

- Relatif mudah dalam mendapatkan konektivitas, sedangkan untuk internet banking tidak semua tempat ada jaringan internet. Hal ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga menghemat banyak waktu.

- Fitur yang sederhana membuat mobile banking melalui ponsel sangat mudah untuk dimengerti.

- Semua isntruksi diberikan secara mudah dan rinci sehingga efektif dari segi biaya. -- Selain itu fasilitas mobile banking mempunyai biaya yang rendah dibandingkan online banking.

- Dari sisi keamanan mobile banking bisa mengurangi resiko penipuan karena nasabah akan mendapatkan SMS ketika terdapat aktivitas pada rekening nasabah baik setoran, penarikan uang, atau transfer antar rekening.

- Bisa mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis

- Fasilitas tambahan ini bisa mempermudah konsumen melakukan transaksi, sehingga bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah mereka.

- Selain itu bank juga merasa lebih dekat dan dapat menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.

- Produk bank juga bisa dipromosikan dengan mudah melalui iklan layanan mobile banking seperti kartu kredit, pinjaman, dan lainnya pada kelompok nasabah tertentu. - Berbagai layanan bank yang bisa diakses melalui mobile banking meliputi informasi pembayaran rekening, informasi jumlah tabungan, histori transaksi, fasilitas pengiriman uang, dan lainsebagainya dapat diakses langsung melalui handphone nasabah.

- Nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui mobile banking dengan jangkauan konektivitas jaringan yang luas melebihi melebihi internet banking.

Kekurangan Mobile Banking yang Harus Disadari Pengguna Mobile Banking

            Fitur keamanan menjadi salah satu isu penggunaan mobile banking ini. Hal ini setelah para ahli keamanan secara umum setuju bahwa mobile banking lebih aman daripada online banking karena sangat sedikit virus dan trojan yang menyerang smartphone, namun demikian beberapa kekurangan dalam pengguna mobile banking diantaranya :

- Ternyata lebih rentan diserang penipuan yang dinamakan “smishing.” (pengguna mobile banking menerima SMS atau telepon palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan).

Penyebab penipuan ini lebih banyak disebabkan oleh pengguna mobile banking menerima SMS palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan. Modus seperti ini telah berhasil membuat banyak orang yang terjebak dan uangnya terkuras.

Walaupun sistem online banking punya fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi sehingga hacker tidak dapat membaca data yang dikirimkan, namun hal ini tidak berlaku manakala smartphone-nya dicuri. Celakanya lagi banyak orang mengatur agar perangkat smartphone mereka dapat menyimpan password atau menggunakan password dan pin yang tidak aman atau dapat ditebak dengan mudah.

- Fitur keamanan melalui koneksi yang terenskripsi bisa di hack saat smartphone di curi/hilang.

- Isu kekurangan mobile banking yang lain adalah mengenai Kompabilitas. Untuk dapat mengakses mobile banking secara maksimal nasabah memerlukan smartphone. Bahkan beberapa bank tidak menyediakan mobile banking untuk ponsel selain smartphone seperti iPhone, dan Blackberry (dibutuhkan smartphone yang canggih untuk mengaksesnya)

- Dukungan software mobile banking pihak ketiga tidak selalu kompatibel bagi semua jenis smartphone. Jika nasabah tidak memiliki smartphone, tipe dari mobile banking yang dapat digunakan biasanya terbatas sehingga beberapa fitur tidak dapat diakses.

            Melakukan pengecekan rekening tabungan melalui SMS tidak menjadi masalah, akan tetapi fitur yang lebih canggih misalnya transfer antar rekening umumnya tidak tersedia bagi pengguna ponsel model lama sehingga tetap saja harus menggunakan smartphone.

Operabilitas ponsel menjadi tantangan tersediri bagi layanan mobile banking ini, di mana ada sejumlah besar perangkat ponsel yang berbeda dan itu merupakan tantangan besar bagi bank untuk menawarkan solusi mobile banking pada setiap jenis perangkat. Beberapa dari perangkat ini mendukung Java ME dan lain mendukung SIM Application Toolkit, browser WAP, atau hanya SMS.

Biaya sebenarnya tidak terlalu signifikan berpengaruh jika nasabah telah memiliki perangkat yang sesuai, namun sayangnya beberapa institusi finansial mengharuskan pembayaran lebih untuk layanan mobile banking. Di luar itu masih ada juga biaya software. Biaya ekstra untuk nasabah ini secara cepat bertambah, terutama ketika nasabah sering mengakses mobile banking sehinggga menjadi tambahan pendapatn tersendiri bagi bank.

Cara pembayaran melalui Mobile Banking

            Sebagai salah satu contoh pembayaran  dengan  mobile banking yaitu melalui virtual account bank Mandiri, di mana sebelum melakukan pembayaran Virtual Account Mandiri mBanking kita harus mendapatkan Virtual Account Number terlebih dahulu ya DomaiNesians.

Langkahnya adalah sebagai berikut :

- Memilih metode pembayaran Virtual Account

Setelah menyelesaikan pesanan (order) hosting domain, ssl maupun webs apps di DomaiNesia makan kita akan mendapatkan invoice. Kemudian kita pilih metode pembayaran Virtual Account. Lalu klik Bayar Sekarang.

- Memilih Bank

Silahkan pilih bank mana yang akan kita gunakan untuk pembayaran tagihan menggunakan Virtual Account. Pada panduan ini, misalkan kita memilih Virtual Account Bank Mandiri. Untuk itu silahkan pilih logi Bank Mandiri. Lalu klik Bayar Sekarang.

- Mendapatkan Virtual Account Number

Setelah itu kita akan mendapatkan Virtual Account Number atau nomor Virtual Account. Nah ID inilah yang unik dan berbeda-beda tiap customer. Nomor ini akan digunakan pada saat melakukan pembayaran (transfer)

- Melakukan Transfer Virtual Account Mandiri mBanking

Silahkan login ke mBanking Anda. Kemudian pilih Bayar. Atau apabila kita menggunakan bahasa inggris, silahkan pilh Payment. Kemudian klik Multipayment. Silahkan klik Penyedia Jasa. Kemudian pilih Transferpay. Masukkan kode bayar dengan Virtual Account Number Kita (Contoh :7810202001539202), kemudian pilih Lanjut.

Jangan lupa untuk memeriksa infornasi yang tertera di layar. Pastikan Mercant adalah DomaiNesia dan Total Tagihan sudah benar. Jika sudah benar, masukkan PIN dan Pilih OK.

Pembayaran tagihan menggunakan Virtual Account Mandiri mBanking telah berhasil.

 


Last modified: Friday, 17 July 2020, 5:58 PM