5.5 Akuntansi PPh Pasal 23

5.5 Akuntansi PPh Pasal 23

Ketika perusahaan menerima penghasilan yang berasal dari deviden, bunga, royalty dan sebagaimana yang telah diatur dalam peratuan menteri keuangan, maka perusahaan akan dipotong PPh Pasal 23 oleh perusahaan yang memberikan penghasilan tersebut. Oleh karena itu ketika perusahaan menerima penghasilan ini maka perusahaan akan mencatat sebagai berikut:

Bagi perusahaan yang memungut PPh Pasal 23 atas penghasilan yang berasal dari deviden, bunga, royalty dan sebagaimana yang telah diatur dalam peratuan menteri keuangan dari perusahaan yang menerimanya. Selain itu perusahaan ini mempunyai kewajiban untuk membayar dan melaporkan PPh Pasal 23 yang telah dipotong tersebut. Maka perusahaan akan mencatat sebagai berikut:

Biaya Deviden/Sewa/Bunga         xxx

          Kas                                                                  xxx

(Mencatat pengeluaran deviden, sewa, lainnya)

 

Kas                                                    xxx

             Hutang PPh Pasal 23                                    xxx

(Mencatat pemungutan PPh Pasal 23)

 

Hutang PPh Pasal 23                     xxx

            Kas                                                                  xxx

(Mencatat pembayaran PPh Pasal 23)

 

Contoh 1:

PT. ABC membayar jasa service kepada CV. Service sebesar Rp 3.000.000,-

Jawab:

Pada contoh ini PT. ABC merupakan pemungut PPh pasal 23 atas jasa service tersebut. Besarnya PPh Pasal 23 adalah sebagai berikut:

a. Jika CV. Service mempunyai NPWP maka besarnya PPh pasal 23 adalah

PPh pasal 23 = 2% X Rp 3.000.000,-

PPh Pasal 23 = Rp 60.000,-

b. Jika CV. Service tidak mempunyai NPWP maka besarnya PPh pasal 23 adalah

PPh pasal 23 = 100% X 2% X Rp 3.000.000,-

PPh Pasal 23 = Rp120.000,-

  • Jurnal bagi CV. Service (Penerima Jasa) :
    •  Mencatat penerimaan pendapatan jasa service dan pemungutan PPh Pasal 23

Kas                                                Rp 3.000.000

PPh Pasal 23 dibayar dimuka       Rp       60.000

              Pedapatan Service                                      Rp 2.940.000

 

  • Jurnal bagi PT. ABC (Pembayar Jasa/Pemotong PPh 23) :
    • Mencatat pembayaran jasa service dan pemotongan PPh Pasal 23

Biaya Service                                  Rp 3.000.000

             Hutang PPh Pasal 23                                    Rp       60.000

             Kas                                                                Rp  2.940.000


    •  Mencatat pembayaran PPh 23

Hutang PPh Pasal 23                     Rp       60.000

             Kas                                                                  Rp     60.000

 

Contoh 2:

Pada tanggal 20 Januari 2025 PT. XYZ menerima penghasilan Deviden dari PT. BCA sebesar Rp 130.000.000,-. Tanggal 2 Februari 2025 PT. BCA menyetor Pajak yang telah dipotong atas penghasilan tersebut. Berapakah besar PPh Pasal 23 yang telah dipotong dan bagaimanakah pencatatan atas transaksi tersebut ?

Jawab:

Pada contoh ini PT. BCA merupakan pemungut PPh pasal 23 atas penghasilan Deviden tersebut. Besarnya PPh Pasal 23 adalah sebagai berikut:

a. Jika PT. XYZ mempunyai NPWP maka besarnya PPh pasal 23 adalah

Deviden              Rp 130.000.000

PPh pasal 23 = 15% X Rp 130.000.000,-

PPh Pasal 23 = Rp 19,500.000,-

  • Jurnal bagi PT. XYZ

20/1      Mencatat penerimaan deviden

Kas                                                Rp 110.500.000

PPh Pasal 23 dibayar dimuka       Rp    19.500.000

               Pedapatan Deviden                                     Rp 130.000.000

 

  • Jurnal bagi PT. BCA

20/1      Mencatat Pembayaran Deviden dan Pemotongan PPh Pasal 23

Laba Ditahan                                  Rp 130,000,000

              Hutang PPh Pasal 23                                     Rp   19,500,000

             Kas                                                                  Rp 130,000,000

2/2        Mencatat pembayaran PPh Pasal 23

Hutang PPh Pasal 23                     Rp 19.500.000

             Kas                                                                  Rp 19,500,000

 

Contoh 3:

PT. LIMBAH menandantangi kontrak kerja sama dengan PT. ABC untuk pengolahan limbah dengan teknik sanitary landfill di 20 lokasi dengan imbalan jasa yang diterima oleh PT. LIMBAH sebesar Rp50.000.000 .

Berapa nilai besaran PPh 23 yang dipotong klien dan bagaimana pencatatan jurnalnya?

Jasa                                                  Rp 50.000.000

PPh 23 = 2% x Rp 50.000.000      = Rp 1.000.000

  • Jurnal bagi PT. LIMBAH (Penerima Jasa)

Kas                                                   Rp 49.000.000

PPh 23 Dibayar Dimuka                  Rp    1.000.000

              Pendapatan Jasa                                          Rp 50.000.000


  •  Jurnal bagi PT. ABC (Pembayar Jasa/ Pemotong PPh 23)
    • Mencatat Pembayaran Jasa dan Pemotongan PPh Pasal 23

Biaya Jasa                                        Rp 50.000.000

              Hutang PPh Pasal 23                                      Rp   1.000.000

              Kas                                                                  Rp 49.000.000

    • Mencatat pembayaran PPh Pasal 23

Hutang PPh Pasal 23                     Rp  1.000.000

              Kas                                                                  Rp  1.000.000


Last modified: Friday, 31 October 2025, 6:14 PM