3.3 Bentuk Pasar

Berikut ini dijelaskan secara ringkas bentuk-bentuk dari sisi pasar produsen
1. Pasar persaingan sempurna
Pada pasar persaingan sempurna, aktivitas persaingannya tidaklah nampak karena tidak terbatasnya jumlah produsen dan konsumen dapat menjual dan membeli berapa saja tanpa ada batas asal bersedia membeli atau menjual pada harga pasar. Jadi, pada pasar ini tidak ada gunanya mengadakan persaingan.
2. Pasar monopoli
Pasar yang dikuasai oleh seorang penjual saja. Dalam hal ini tidak ada barang substitusi terhadap barang yang dijual oleh penjual tunggal tersebut, serta terdapat
hambatan untuk masuknya pesaing dari luar.
3. Pasar oligopoli
Dalam menentukan tingkat harga dant kuantitas produksi, karena pengaruh dari pesaing sangat terasa, tindakan atau aktivitas pesaing perlu dimasukkan dalam perhitungan.
4. Pasar persaingan monopolistik
Pasar ini merupakan campuran antara pasar persaingan sempurna dengan pasar monopoli.
Berikut nya yaitu bentuk-bentuk pasar dilihat dari sisi konsumen.
1. Pasar konsumen
Pasar ini merupakan pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau keluarga dalam rangka penggunaan pribadi.
2. Pasar industri
Pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan pada produksi barang atau jasa lain, baoik untuk dijual maupun disewakan.
3. Pasar penjual kembali (reseller)
Suatu pasar yang terdiri dari perorangan dan / atau yang biasa disebut para pedagang menengah yang terdiri dari dealer, distributor, grossier, agent, dan retailer.
4. Pasar pemerintah
Merupakan pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli atau menyewa barang atau jasa jasa untuk menjalankan tugas-tugas pemerintah, misalnya disektor pendidikan, perhubungan, kesehatan, dan lain-lain.