3.5 Implikasi Pada SKB

Berkenaan dengan permasalahan permintaan konsumen dan penawaran produsen, serta bentuk-bentuk pasar di atas, maka tugas analisis dalam melakukan studi kelayakan bisnis (SKB) dari aspek pasar hendaknya :
1. Mampu menentukan produk atau jasa yang akan dijadikan bencmark bagi rancangan produk/jasa yang akan dijual. Jika belum ada produk yang beredar di pasar, maka rancangan produk / jasa dari studi ini akan menjadi pelopor di pasar.
2. Mampu menentukan jenis pasar yang akan di pilih baik dari sisi produsen maupun konsumen.
3. Mampu melakukan analisis untuk dapat menentukan pergerakan kemampuan para produsen dalam penawarannya di pasar, baik untuk masa sekarang maupun untuk ke masa depan.
4. Analisis hendaknya mampu memberikan informasi tentang pangsa pasar produk-produk sejenis yang dianggap sebagai pesaing baik untuk saat ini maupun prakiraan ke depan.Last modified: Monday, 15 March 2021, 6:04 PM