7.1. Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Organisasi

7.1. Teknologi Informasi semakin berkembang pada masa sekarang ini, hal ini disebabkan manusia yang menuntut kecepatan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Demikian pula halnya dengan organisasi yang sengat membutuhkan kecepatan untuk mendukung seluruh aktivitasnya dapat dilaksanakan secara cepat dan tentu saja dengan hasil yang baik, efektif, dan efisien. Inilah penyebab mengapa teknologi sangat diperlukan dan semakin diperbarui.

Teknologi dalam organisasi memiliki peran penting dalam mempelajari sifat-sifat dari teknologi suatu organisasi dan hubungan teknologi terhadap struktur organisasi, tetapi dalam penerapannya harus didasarkan karakteristik dari organisasi tersebut. Organisasi adalah sebuah sistem terbuka, dan teknologi organisasi merupakan jenis kegiatan internal yang terjadi dalam organisasi tersebut, dalam hal ini jelas sangat keterkaitan satu sama lain.

Penerapan teknologi dalam organisasi dapat memberikan dampak yang siginifikan pada efektifitas dan efisiensi serta meningkatkan daya saing karena teknologi informasi memberikan sejumlah data mengenai jalannya organisasi tersebut sehingga organisasi dapat memperoleh data-data yang diperlukan sebagai dasar mereka dalam mengambil keputusan startegis.


Sistem informasi secara umum memiliki sejumlah peranan dalam perusahaan, diantaranya :

1.      Minimal Risk

Setiap usaha mempunyai resiko, terutama berhubungan dengan penyebab keuangan. Kehadiran teknologi informasi  selain harus bisa menolong perusahaan mengurangi resiko usaha yang ada, butuh juga menjadi alat untuk menolong manajemen dalam mengelola resiko yang di hadapi.

2.      Reduce costs

Fungsi teknologi informasi sebagai katalisator dalam sejumlah usaha pengurangan biaya operasional organisasi pada akhirnya akan berakibat terhadap profitabilitas perusahaan.

3.      Add value

Tujuan akhir dari pembangunan value tidak hanya untuk memuaskan konsumen, akan tetapi lebih jauh lagi untuk membangun loyalitas sehingga konsumen tersebut mau terus menjadi pelanggannya untuk jangka panjang.

4.      Bisa membangun sebuah arena perlombaan bagi perusahaan, yaitu di dunia maya.

5.  Eleminasi Proses

6.  Simplifikasi Proses

7.  Integrasi Proses

8.  Otomatisasi proses

9.  Create New Realities

CONTOH: . Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah sebuah aplikasi sistem manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. sistem ini memiliki konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan meliputi manusia, dana, mesin, suku cadang, material, waktu, dan kapasitas yang berpengaruh luas mulai dari manajemen paling atas hingga operasional di sebuah perusahaan. ERP biasanya digunakan oleh perusahaan dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja yang ada didalam perusahaan, misalnya bidang Accounting, Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Persediaan dan Operasional.






Last modified: Sunday, 11 April 2021, 9:14 AM