Karateristik Pembelajaran Mikro
Konsep pengajaran mikro dilandasi oleh pokok-pokok pikiran, yaitu Pengajaran yang nyata, artinya pengajaran di laksanakan tidak dalam bentuk sebenarnya, tetapi berbentuk mini dengan karakteristik sebagai berikut :
No |
Peserta berkisar antara 5 – 10 orang |
1 |
waktu mengajar terbatas sekitar 10-15 menit |
2 |
komponen mengajar dikembangkan terbatas |
3 |
Latihan terpusat pada keterampilan mengajar |
4 |
Mempergunakan informasi dan pengetahuan tentang tingkat belajar |
5 |
umpan balik terhadap kemampuan guru / calon guru. |
6 |
pengajaran di laksanakan bagi para siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda dan berdasarkan pada kemampuan intelektual kelompok usia tertentu |
7 |
Pengontrolan secara ketat terhadap lingkungan
latihan yang di selenggarakan dalam laboratorium mikro teaching |
8 |
Pengadaan low-threat-situation untuk memudahkan calon guru mengajari keterampilan mengajar. |
9 |
Penyediaan low-risk-situation yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam pengajaran. |
10 |
Penyediaan kesempatan latihan ulang dan pengaturan distribusi latihan dalam jangka waktu tertentu. |