Karateristik Pembelajaran Mikro

Konsep pengajaran mikro dilandasi oleh pokok-pokok pikiran, yaitu Pengajaran yang nyata, artinya pengajaran di laksanakan tidak dalam bentuk sebenarnya, tetapi berbentuk mini dengan karakteristik sebagai berikut :

No

Peserta berkisar antara 5 – 10 orang

1

waktu mengajar terbatas sekitar 10-15 menit

2

komponen mengajar dikembangkan terbatas

3

Latihan terpusat pada keterampilan mengajar

4

Mempergunakan informasi dan pengetahuan tentang tingkat belajar

5

umpan balik terhadap kemampuan guru / calon guru.

6

pengajaran di laksanakan bagi para siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda dan berdasarkan pada kemampuan intelektual kelompok usia tertentu

7

Pengontrolan secara ketat terhadap lingkungan latihan yang di selenggarakan dalam laboratorium mikro teaching

8

Pengadaan low-threat-situation untuk memudahkan calon guru mengajari keterampilan mengajar.

9

Penyediaan low-risk-situation yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam pengajaran.

10

Penyediaan kesempatan latihan ulang dan pengaturan distribusi latihan dalam jangka waktu tertentu.

 



 


Last modified: Monday, 22 March 2021, 5:14 AM