11.6. Kualitas Sistem: Kualitas Data dan Kesalahan Sistem
Tingkat kualitas sistem yang dapat diterima dan layak secara teknologi? Pada titik manakah manajer sistem mengatakan, “Hentikan pengujian, kami telah melakukan semua yang kami bisa untuk menyempurnakan perangkat lunak ini. Kapal itu! “Individu dan organisasi dapat dianggap bertanggung jawab atas konsekuensi yang dapat dihindari dan dapat diperkirakan, dimana mereka memiliki kewajiban untuk memahami dan benar. Dan area abu-abu adalah bahwa beberapa kesalahan sistem dapat diperkirakan dan diperbaiki hanya dengan biaya yang sangat besar, biaya yang begitu besar sehingga tingkat kesempurnaan ini tidak layak dilakukan secara ekonomis – tidak ada yang mampu membeli produk tersebut.
Misalnya, meskipun perusahaan perangkat lunak mencoba men-debug produk mereka sebelum melepaskannya ke pasar, mereka dengan sengaja mengirimkan produk buggy karena waktu dan biaya untuk memperbaiki semua kesalahan kecil akan mencegah produk ini tidak pernah diluncurkan. Bagaimana jika produk itu tidak ditawarkan di pasaran, apakah kesejahteraan sosial secara keseluruhan tidak maju dan mungkin malah menurun? Membawa ini lebih jauh, hanya apa tanggung jawab produsen layanan komputer – apakah itu harus menarik produk yang tidak akan pernah sempurna, memperingatkan pengguna, atau melupakan risikonya (biarkan pembeli berhati-hati)? Tiga sumber utama kinerja sistem yang buruk adalah :
- Kesalahan dan kesalahan perangkat lunak
- Kegagalan perangkat keras atau fasilitas yang disebabkan oleh sebab alami atau lainnya
- Kualitas data masukan yang buruk