HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN

A. Pengertian 

Perencanaan dapat diartikan sebagai proses penyusunan berbagai keputusan yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang untuk mencapai tujuan yang akan ditentukan (Gaffar, 1987). Ada tiga hal penting dari pengertian perecanaan tersebut, yaitu: 1) Proses penyusunan keputusan, 2) Pelasanaan kegiatan dimasa yang akan datang, dan 3) Untuk mencapai tujuan. 

1. Proses penyusunan keputusan; berarti perencanaan adalah membuat atau merumuskan perkiraan keputusan yang akan diambil atau rencana ketetapan yang akan menjadi pilihan pada saat rencana itu dilaksanakan. Dengan kata lain melalui perencanaan keputusan yang akan diambil atau pilihan yang akan menjadi ketetapan sejak awal sudah diproyeksikan. Dalam pembelajaran ketika guru mmbuat perencanaan, berarti sejak awal guru sudah membuat keputusan tindakan atau aktivitas yang akan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. 

2. Pelaksanaan kegiatan yang akan datang; artinya proses penyusunan kegiatan yang akan dilakukan, bentuk dan jenis keputusan yang akan ditetapkan, semuanya baru pada tahap dugaan (hipotetik) yang didasarkan pada beberapa pertimbangan teori maupun prkatis serta pengalaman yang sudah lalu. Dengan demikian ketika guru menyusun dan menetapkan rencana metode diskusi yang akan diterapkan, itu baru pada dugaan setelah mempertimbangkan bebera aspek misalnya: tujuan yang ingin dicapai, karaktersitik materi, karakteristik siswa, dan lain sebagainya. Adapun jika pada saat rencana itu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, dan ternyata tidak cocok lagi, karena situasi dan kondisi tidak mendukung, maka guru harus segera merubah dengan metode lain yang lebih sesuai. Itulah makna menysusun rencana merupakan kegiatan praduga (hipotetik). 

3. Untuk mencapai tujuan; yaitu sasaran akhir dari penetapan bentuk keputusan yang akan diambil, atau penetapan kegiatan yang akan dilakukan dalam suatu rencana, semuanya diarahkan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu sebelum pilihan-pilihan kegiatan ditetapkan dalam suatu perencanaan, terlebih dahulu harus memiliki gambaran yang jelas dan operasional tujuan yang harus dicapai. Apabila tujuan yang hendak dicapai sudah dipahami, maka baru menetapkan atau memutuskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam pembelajaran sasaran akhir atau tujuan yang harus dicapai dari suatu kegiatan pemebalajaran adalah perubahan perilaku (change of beahviour). Merumuskan tujuan yang akan dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran adalah merupakan bagian dari merencanakan pembelajaran. Demikian pula penetapan metode, media, sarana dan fasilitas yang dibutuhkan sampai pada kegiatan evaluasi adalah termasuk unsur-unsur yang dirumuskan dalam perencanaan pembelajara. 

Dari definisi dan penjelasan yang telah dikemukakan di atas, dalam bidang yang lebih luas atau umum, maka fungsi perencanaan meliputi kegiatan menetapkan apa yang ingin dicapai bagaimana cara mencapainya, berapa lama waktu yang akan dibutuhkan, berapa orang yang diperlukan dan berapa banyak biayanya. 

Dari uraian dan ilustrasi yang telah dijelaskan di atas, apakah Anda sudah dapat memperoleh gambaran yang jelas apa sebenarnya perenacanaan pembelajaran tersebut ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut coba perhatikan beberapa pengertian perencanaan pembelajaran berikut ini: 

1. Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara apa yang akan dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi/bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikannya, alat atau media apa yang diperlukan (R. Ibrahim 1993:2) 

2. Untuk mempermudah proses pembelajaran maka diperlukan perencanaan. Perencanaan pembelajaran dapat dikatakan sebagai pengembangan instruksional yang terdiri dari beberapa unsur yang saling berinteraksi (Toeti Soekamto, 1993:9) 

3. Perencanaan pembelajaran sebagai pedoman mengajar bagi guru/calon guru dan pedoman belajar bagi siswa. Melalui rencana pembelajaran dapat diidentifikasi kegiatan yang akan dilaksanakan maupun gambaran hasil yang akan dicapai.. 

4. Perencanaan pembelajaran merupakan acuan yang jelas, operasional, sistematis sebagai pedoman bagi guru dan siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan. 

Dari keempat pengertian perencanaan yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan, pada dasarnya yang dimaksud dengan perencanaan pembelajaran adalah suatu proyeksi aktivitas yang akan dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 

Dari perencanaan yang telah dibuat, dapat tergambarkan tujuan yang ingin dicapai, aktivitas atau proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan, sarana dan fasilitas yang diperlukan, hasil yang akan didapat, bahkan faktor pendukung maupun kendala yang akan muncul sudah dapat diantisipasi.

● Proses pembelajaran merupakan proses yang yang ditata dan diatur sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan. 

● Pengaturan tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk perancangan atau desain pembelajaran yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. 

● Pembelajaran bersifat situasional, rancangan pembelajaran sudah disusun secara matang, maka proses dan hasilnya tidak akan terlalu jauh dari apa yang sudah dirancang tersebut. 

Perencanaan pembelajaran mikro, yaitu membuat perencanaan atau persiapan untuk setiap jenis keterampilan mengajar yang akan dilatihkan. Secara keseluruhan unsur-unsur perencanaan tersebut meliputi menentukan tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Perencanaan Pembelajaran yang dibuat oleh calon guru atau guru yang berlatih melalui pembelajaran mikro, pada dasarnya merupakan langkah awal untuk melakukan salah satu jenis keterampilan mengajar melalui pembelajaran mikro. Berhasil tidaknya suatu kegiatan tergantung pada perencanaannya. 

Dalam membuat perencanaan pembelajaran mikro, unsur-unsur yang digunakannya sama dengan unsur-unsur perencanaan pembelajaran secara umum seperti yang telah dibahas di atas. Perbedaannya tentu saja desesuaikan dengan karakteristik pembelajaran mikro, yaitu setiap unsur perencanaan tersebut lebih disederhanakan, dan hanya memfokuskan pada jenis kegiatan yang lebih terbatas. Dalam hubungan ini dijelaskan oleh Wardani dan A. Suhaenah S. (1994), yang dimaksud dengan terbatas yaitu fokus latihan dan fokus pengamatan serta penilaian bahkan fokus perbaikan ditujukan kepada keterampilan khusus tertentu sesuai dengan jenis yang dilatihkan.

Last modified: Monday, 19 April 2021, 9:53 PM