Tujuan dan Manfaat Membuka Pembelajaran

Tujuan dan Manfaat Membuka Pembelajaran

Seperti sudah disinggung dalam pembahasan di atas, bahwa kegiatan membuka pembelajaran, bukan hanya sekedar kegiatan seremonial yang bersifat administratif agar sesuai dengan tuntutan prosedur pembelajaran. Kegiatan yang bersifat rutin ketika memulai pembelajaran, seperti mengecek kehadiran, mengulang materi yang dan mengaitkannya dengan materi yang akan dibahas, belum tentu akan mencapai sasaran seperti yang dimaksud dari kegiatan membuka pembelajaran yaitu menumbuhkan kesiapan mental, membangkitkan perhatian dan motivasi siswa. Oleh karena itu dalam kegiatan membuka pembelajaran bentuk apapun dari apersepsi yang dilakukan oleh guru, harus mengarah pada pencapain tujuan dari membuka pembelajaran itu sendiri, yaitu antara lain:

a. Menciptakan kesiapan mental yaitu pembentukan kondisi psikologis siswa agar siap untuk mengikuti pembelajaran

b. Membangkitkan perhatian dan motivasi yaitu keinginan untuk memusatkan seluruh perhatian, emosi (fisik dan psikhis) siswa agar tercurah pada pembelajaran yang akan dilakukan

c. Memberikan gambaran yang jelas tujuan atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakannya

d. Memberikan gambaran yang jelas batas-batas tugas atau kegiatan yang harus dilakukan siswa selama proses pembelajaran berlangsung

e. Memberikan gambaran yang jelas pengalaman atau kegiatan-kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang diharapkan

f.  Menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh, sehingga


Last modified: Sunday, 23 May 2021, 12:44 AM