Hakikat Menutup Pembelajaran (closure)

Hakikat Menutup Pembelajaran (closure)

Pengertian Menutup Pembelajaran

Dalam proses hidup dan kehidupan selalu terjadi kondisi yang berpasang-pasangan, antaralai: ada awal ada akhir, ada siang ada malam, ada hujan ada panas, ada pembukaan dan ada penutupan. Contoh yang dikemukakan tadi hanya sebgain kecil saja dari sekian banyak keadaan yang berpasang-pasangan yang terjadi dalam proses kehidupan. Kondisi tersebut terjadi atau dilakukan pula dalam kegiatan pembelajaran. Pada awalnya guru memulai dengan membuka pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti pembelajaran, dan diakhiri dengan kegiatan menutup pembelajaran. Dari rangkaian yang dicontohkan tersebut maka menutup pembelajaran adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dari satu unit atau program pembelajaran.

Menurut Soli Abimanyu yang dimaksud dengan menutup pembelajaran pada dasarnya adalah ”kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pembelajaran” (1984). Kegiatan inti adalah merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian jika menutup pembelajaran memiliki arti seperti dalam pengertian di atas, maka menutup pembelajaran merupakan kegiatan akhir yang dilakukan oleh guru setelah siswa melakukan proses interaksi dengan lingkungan pembelajaran.

Pembelajaran adalah merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Lingkungan dalam kontek pembelajaran terdiri dari beberapa jenis, misalnya: bahan/kurikulum, siswa, guru, media, sarana dan fasilitas serta komponen yang lainnya. Siswa baru disebut belajar, jika siswa melakukan proses interaksi dengan leingkungan pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Menutup pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk ”mengakhiri pembelajaran dengan maksud untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa” (Wina Sanjaya.2006). Ada dua unsur pentingan dari pengertian menutup pembelajaran yang telah dikemukakan di atas, yaitu:

a.       Kegiatan mengakhir pembelajaran; yaitu merupakan suatu kegiatan yang menandakan telah selesainya kegiatan pembelajaran dari satu unit pembelajaran tertentu atau program tertentu

b.      pernyataan poin (a), bahwa dari kegiatan mengakhiri pembelajaran harus mendapatkan informasi tentang hasil yang telah diperoleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Dari dua penjabaran di atas, bahwa kegiatan menutup pembelajaran merupakan suatu ”proses”, yaitu aktivitas yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pembelajaran dan dari kegiatan mengakhirinya itu pihak yang berkepentingan terutama guru dan siswa dapat memperoleh gambaran tentang hasil yang dicapai. Dengan demikian ada proses yang harus dilakukan, misalnya apakah dengan memberkan tugas yang dapat memberikan gambaran kemampuan siswa dari hasil yang dicapainya, memberikan tes (lisan, tulisan maupun perbutan/tindakan), mengadakan refleksi dan lain sebagainya yang sesuai dengan maksud dari kegiatan menutup pembelajaran.

Dengan didasarkan pada beberapa pengertian kegiatan menutup pembelajaran seperti telah diungkapkan di atas, terutama mengandung maksud untuk mendapatkan gambaran hasil yang dicapai siswa, maka secara teknis menutup pembelajaran tidak selalu harus setelah berakhirnya satu unit pembelajaran. Akan tetapi bisa dilakukan penutupan pembelajaran pada setiap penggalan materi atau indikator pembelajaran. Mengakhiri dalam kondisi seperti ini bisa juga sebagai tanda ”jeda” dari satu indikator sebelum memasuki pembelajaran pada indikator / materi berikutnya.

Dari gambaran tersebut, maka kegiatan mengakhiri (menutup) pembelajaran bisa dilakukan seperti halnya pada kegiatan membuka pembelajaran di atas. Misalnya jika dalam satu kegiatan pembelajaran ada tiga indikator/ tujuan pembelajaran, maka setelah dianggap cukup dikuasai satu indikator kemudian ditutup, dilanjutkan lagi dengan kegiatan pembelajaran untuk indikator ke dua, lalu ditutup, dan dibuka lagi untuk pembelajaran indikator ketiga, dan setelah dianggap selesai dikuasi semuanya, baru ditutup untuk seluruh kegiatan pembelajaran dari satu unit pembelajaran tersebut.


Terakhir diperbaharui: Sunday, 23 May 2021, 01:15