13.2. Karakteristik Wesel Tagih

Wesel tagih adalah janji tertulis untuk membayar sejumlah dana ketika diminta atau pada waktu yang sudah ditentukan di dalamnya. Surat ini bisa dibayarkan pada pelanggan, perusahaan, atau penanggung wesel itu sendiri.

Surat ini ditandatangani oleh individu ataupun badan usaha yang melakukan perjanjian. Mereka yang berhak menerima uang wesel ini disebut dengan penerima pembayaran atau payee, dan pihak yang membuat janji disebut sebagai pembuat janji atau maker

Tanggal pembayaran wesel ini kita sebut dengan tanggal jatuh tempo. Perhitungan tanggal jatuh tempo periode waktu antara tanggal penerbitan dan juga tanggal jatuh tempo wesel tagih jangka pendek nantinya bisa dinyatakan dalam bentuk jumlah harian ataupun jumlah bulanan.

Ketika wesel dinyatakan dalam jumlah harian, maka tanggal jatuh temponya adalah jumlah hari tertentu pasca tanggal penerbitan tersebut dibuat.

Contohnya tanggal jatuh tempo dari wesel selama 90 hari di tanggal 16 Maret adalah 14 Juni, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sedangkan wesel jatuh tempo dalam kurun waktu 90 hari adalah sebagai berikut:

Wesel Tagih, Pengertian dan Cara Mudah Pencatatannya dalam Jurnal1

Untuk cara menghitung jatuh tempo piutang bisa dinyatakan dalam jumlah bulan pasca tanggal penerbitan tersebut dirilis. Dalam hal ini, maka tanggal jatuh tempo bisa ditentukan dengan menghitung jumlah bulan dari tanggal penerbitan.

Perhatikanlah contoh berikut ini:

Wesel selama 3 bulan di tanggal 5 Juni akan jatuh tempo di tanggal 5 September. Sedangkan wesel 2 bulan di tanggal 31 Juli akan jatuh tempo di tanggal 30 September. Umumnya, wesel ini menyebutkan bahwasanya bunga harus dibayarkan dalam periode antara tanggal penerbitan hingga tanggal jatuh tempo tersebut tiba.

Wesel yang mencakup periode waktu lebih dari satu tahun periode umumnya akan membebankan bunga yang dibayar secara tahunan ataupun bulanan. Tujuannya agar bisa menentukan nilai jatuh tempo wesel yang berbunga dan juga tanpa bunga.

Jika ketentuan pembayaran wesel tersebut berada di bawah waktu satu tahun, maka bunga biasanya dibayarkan ketika wesel dilunasi. Tingkat bunga wesel ini umumnya akan dinyatakan dalam waktu tahunan, tanpa melihat periode waktu yang sebenarnya.


Last modified: Wednesday, 1 December 2021, 11:57 AM