RPS
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
||||
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
|||||
UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA |
|||||
Jl. Sekip, Simp. Sikambing, Medan, Sekip, Medan Petisah, |
|||||
Kota Medan, Sumatera Utara 20118 |
|||||
|
|
|
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
|||||
JENIS DOKUMEN |
DISUSUN OLEH: |
DISETUJUI OLEH: |
|||
KOORDINATOR |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||
FORMULIR MUTU |
|
|
|||
[ERMINA WARUWU, M.Th.,M.Pd] |
[SARTIKA SARI, S.S., M.Hum] |
||||
TANGGAL : 19 SEPTEMBER 2020 |
|
TANGGAL : |
|
||
Program Studi: |
Kode: |
Nama Matakuliah: |
SKS: |
Dosen Pengampu: |
|
[PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA] |
[KB_61109] |
[PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK] |
[2] |
[ERMINA WARUWU, M.Th.,M.Pd] |
|
|
|
|
|
|
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN KEPADA MATA KULIAH |
CPL |
Kode CPL |
PERNYATAN CPL |
||
SIKAP |
S-1 |
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
|||
|
S-2 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
|||
|
S-3 |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
|||
|
S-4 |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
|||
|
S-5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
|||
|
S-6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|||
|
S-7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
|||
|
S-8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|||
|
S-9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|||
|
S-10 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahan |
|||
|
|
|
|||
PENGETAHUAN |
P-1 |
Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan dan keterampilan tentang perkembangan peserta didik secara umum |
|||
|
P-2 |
Menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang dimensi-dimensi perkembangan peserta didik baik secara spiritual, sosial maupun intelektual |
|||
|
P-3 |
Menguasai teori-teori tentang tugas-tugas perkembangan perserta didik sehingga dapat bekerja secara mandiri dan bertanggungjawab sesuai keahlian |
|||
|
P-4 |
Memiliki pengetahuan untuk mendesain dan merencanakan program kreativitas untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik secara positif |
|||
|
P-5 |
Mampu merencanakan secara konseptual strategi terhadap problematika peserta didik yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan |
|||
|
P-6 |
Memiliki wawasan baik teoretis dan praktis tentang metode-metode perkembangan peserta didik yang sesuai dengan teknologi dan informasi |
|||
|
P-7 |
Mampu menerapkan pemikiran logis dan sistematis tenang implementasi ilmu pengetahuan peserta didik yang disesuiakan dengan bidang keahlian. |
|||
KETERAMPILAN UMUM |
KU-1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang seduai dengan bidang keahliannya. |
|||
|
KU-2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. |
|||
|
KU-3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
|||
|
KU-4 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
|||
|
KU-5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
|||
|
KU-6 |
Mampu memlihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
|||
|
KU-7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
|||
|
KU-8 |
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelmpok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
|||
|
KU-9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|||
KETERAMPILAN KHUSUS |
KK-1 |
Mampu melaksanakan layanan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dengan berbagai jenis pendekatan, metode dan teknik sesuai permasalahan yang dialami peserta didik. |
|||
|
|
KK-2 |
Mampu menyusun dan mengembangkan instrumen pengumpulan data baik dalam bentuk tes maupun non tes dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas perkembangan dan pertumbuhan peserta didik secara tepat; |
||
|
|
KK-3 |
Mampu menganalisis data dan menginterpretasikannya untuk keperluan pelaksanaan layanan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik secara tepat dan terukur;
|
||
|
|
KK-4 |
Mampu mendiagnosis kesulitan hambatan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dan memberikan solusi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik secara kondusif, bermakna dan efektif; |
||
|
|
KK-5 |
Mampu mendiagnosis ragam problematika psikologis siswa dan memberikan solusi agar terjadinya sikap dan prilaku siswa yang positif, optimis, visioner dan berkeadaban sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik |
||
|
|
KK-6 |
Mampu menyusun program dan kegiatan layanan untuk pengembangan dimensi spiritual, sosial dan intelektual peserta didik secara tepat; |
||
|
|
KK-7 |
Mampu menyusun program dan melaksanakan kegiatan bimbingan kreativitas belajar peserta didik untuk keperluan studi lanjut maupun memasuki dunia kerja; |
||
|
|
KK-8 |
Mampu menyusun program dan melaksanakan kegiatan pengembangan peserta didik secara multi dimensi yang dilaksanakan secara kritis, kreatif, inovatif. |
||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH |
KODE |
PERNYATAAN CP-MK |
|||
CPMK-01-02 |
Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan individu peserta didik secara tepat |
||||
CPMK-03-04 |
Mahasiswa mampu membahas dan menyimpulkan perbedaan-perbedaan individual peserta didik |
||||
CPMK-05 |
Mahasiswa mampu menyusun secara logis dan menyajikan perkembangan fisik peserta didik dalam bentuk matriks |
||||
CPMK-06-07 |
Mahasiswa mampu mengatur dan menyusun sekaligus menyimpulkan teori-teori perkembangan kognitif peserta didik |
||||
|
CPMK-09-10 |
Mahasiswa mampu menyusun dan menunjukkan dengan rapi perkembangan sosial peserta didik |
|||
|
CPMK-11-12 |
Mahasiswa mampu menemukan dan menunjukkan serta menyusun perkembangan emosi peserta didik |
|||
|
CPMK-13 |
Mahasiswa mampu menemukan dan melukiskan perkembangan moral peserta didik |
|||
|
CPMK-14 |
Mahasiswa mampu membahas dan menyimpulkan tugas-tugas perkembangan agama peserta didik |
|||
|
CPMK-15 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun dimensi-dimensi perkembangan remaja, mengidentifikasi permasalahan remaja dan merancang solusi atas masalah peserta didik |
|||
DESKRPISI MATA KULIAH |
Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan perkembangan peserta didik. Tujuannya agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang perkembangan setiap tahap individu. Hingga nantinya mahasiswa memiliki persiapan yang baik menjadi calon guru. Mata kuliah PPD ini merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang membahas tentang 1) perkembangan individu, 2) perbedaan-perbedaan individual peserta didik, 3) perkembangan fisik, 4) perkembangan kognitif, 5) perkembangan sosial, 6) perkembangan emosi, 7) perkembangan moral, 8) perkembangan agama, 9) permasalahan remaja dan soslusinya. |
||||
PRASYARAT MATA KULIAH |
Wajib |
||||
|
|
||||
REFRENSI |
Utama |
|
|||
[01] |
Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing |
||||
[02] |
Sudarwan Danin. 2010. Perekembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta |
||||
[03] |
Sunarto dan Agung. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta |
||||
Pendukung |
|
||||
[01] |
Danim, Sudarwan. 2017. Perkembanga Peserta Didik. Bandung: Alfabeta |
||||
[02] |
Muhibbbin Syah. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press |
||||
[03] |
Sunarto, H dan Hartono, B. Agung. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta |
||||
[04] |
Sutirna. 2014. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta didik. Yogyakarta: Andi |
||||
[05] |
Syamsul Yusuf LN, Nani M. Sughandi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press |
PERT KE |
SESI |
Kemampuan Akhir yang diharapkan (SUB CPMK) |
Indikator capaian |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran dan Pengalaman Belajar |
Alokasi Waktu |
Evaluasi / Penilaian |
Sumber Belajar |
||||
T |
P |
I/K |
Jenis |
Kriteria (Angka/Huruf) |
Bobot (%) |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
(12) |
(13) |
1-2 |
|
Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan individu peserta didik secara tepat [C5]
|
Mahasiswa mampu mengikuti RPS dan melakukan semua tugas-tugas tagihan selama perkuliahan PPD
Mahasiswa mampu menganalis secara tepat dan menguraikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan, prinsip, teori, tahap dan faktor yang mempengaruhi perkembangan
|
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER
A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan B. Prinsip-prinsip Perkembangan. C. Teori-Teori Perkembangan D. Tahap-tahap Perkembangan E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan |
Metode: Direct Instruction ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa bersama dosen pengampu bersama-sama menyepakati rencana dan tugas-tugas tagihan perkuliahan sekaligus membahas dan menyimpulkan perkembangan individu yang dimulai dari pengertian pertumbuhan dan perkembangan, prinsip, teori, tahap dan faktor yang mempengaruhi perkembangan |
30 menit |
30 menit |
- |
Tes tertulis/ Uraian |
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
14 % |
[1] Masganti, hlm. 1-32; bdk. Sudarwan, hlm.8-19; Sunarto dan Agung, hlm. 34-72 |
3-4 |
|
Mahasiswa mampu membahas dan menyimpulkan perbedaan-perbedaan individual peserta didik [C5]
|
Mahasiswa mampu melakukan kreatifitas ide untuk melukiskan perbedaan peserta didik yakni perbedaan fisik, inteligensi, gaya belajar dan gaya berpikir, kepribadian, temperamen.
|
PERBEDAAN-PERBEDAAN INDIVIDUAL PESERTA DIDIK A. Perbedaan-perbedaan Fisik B. Perbedaaan Inteligensi C. Perbedaan Gaya Belajar dan Gaya Berpikir D. Perbedaan Kepribadian E. Perbedaan Temperamen |
Metode: Inquiry Learnig ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa secara mandiri menyusun kesimpulan perbedaan individual peserta didik yang dimulai dari perbedaan fisik, inteligensi, gaya belajar dan gaya berpikir, kepribadian, temperamen. |
30 menit |
30 menit |
- |
Tes tertulis/ Uraian |
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
14 % |
[1] Masganti, hlm. 35-63; Bdk. Sudarwan, hlm. 29-39; Sunarto dan Agung, hlm. 1-30 |
5 |
|
Mahasiswa mampu menyusun secara logis dan menyajikan perkembangan fisik peserta didik dalam bentuk matriks [C6]
|
Mahasiswa mampu menyajikan atau melukiskan dengan rapi dalam matriks tentang perkembangan fisik, tahap, faktor yang mempengaruhi dan permasalahan perkembangan peserta didik
|
PERKEMBANGAN FISIK B. Tahap Perkembangan Fisik Manusia |
Metode: Cooperative Learning
***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasika dan menyusun dalam matriks perkembangan fisik, tahap, faktor yang mempengaruhi dan permasalahan perkembangan peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Tes/ Produk |
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
7 % |
[1] Masganti., hlm. 66-76 |
6-7 |
|
Mahasiswa mampu mengatur dan menyusun sekaligus menyimpulkan teori-teori perkembangan kognitif peserta didik [C6]
|
Mahasiswa mampu melakukan analisis yang tepat dan menyusun kesimpulan tentang perkembangan kognitif dan teori perkembangan kognitif peserta didik
|
Metode: Cooperative Learning ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa bekerjasama dan berdiskusi untuk Menyusun dan menyimpulkan perkembangan dan teori-teori perkembangan kognitif peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Produk
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
14 % |
[1] Masganti., 78-103; Bdk. Sudarwan, 121-132 |
|
8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|||||||||||
9-10 |
|
Mahasiswa mampu menyusun dan menunjukkan dengan rapi perkembangan sosial peserta didik [C5]
|
Mahasiswa mampu melakukan kreatifitas ide dalam menyusun dan menyajikan dalam tabel secara menarik tentang bentuk-bentuk tingkah laku sosial, faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial dan upaya mengembangkan sikap sosial peserta didik
|
A. Pengertian Perkembangan Sosial B. Bentuk-Bentuk Tingkah laku Sosial C. Teori Perkembangan Psikososial D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial 122 |
Metode: Cooperative Learning ***
Pengalaman Belajar: Secara berkelompok mahasiswa berdiskusi untuk membahas dan menyimpulkan sekaligus menyajikan dalam tabel dengan rapi tentang bentuk-bentuk tingkah laku sosial, faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial dan upaya mengembangkan sikap sosial peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Produk
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
14 % |
[1] Masganti, 105-125 |
11-12 |
|
Mahasiswa mampu menemukan dan menunjukkan serta menyusun perkembangan emosi peserta didik [C6]
|
Mahasiswa mampu melakukan analisis yang tepat dan menemukan teori-teori perkembangan emosi, jenis emosi, tahapan perkembangannya dan bimbingan emosi kepada peserta didik
|
A. Pengertian Emosi dan Teori-teori Perkembangan Emosi B. Jenis-jenis Emosi C. Tahapan Perkembangan Emosi D. Bimbingan Emosi pada Anak dan Remaja
|
Metode: Inqury Learning ***
Pengalaman Belajar: Setiap mahasiswa belajar mandiri untuk menemukan dan melakukan analisis serta menyajikan secara rapi tentang teori-teori perkembangan emosi, jenis emosi, tahapan perkembangannya dan bimbingan emosi kepada peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Produk
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
14 % |
[1] Masganti, hlm. 127-140; Bdk. Sunarto dan Agung, hlm.147-180 |
13 |
|
Mahasiswa mampu menemukan dan melukiskan perkembangan moral peserta didik [C5]
|
Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu melakukan analisis secara tepat tentang ruang lingkup perkembangan moral, teori-teorinya dan pengembangan moral peserta didik
|
A. Ruang Lingkup Perkembangan Moral B. Teori-Teori Perkembangan Moral C. Pengembangan Moral |
Metode: Contextual Teaching and Learning ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa secara mandiri belajar untuk menemukan dan melukiskan secara tertulis tentang ruang lingkup perkembangan moral, teori-teorinya dan pengembangan moral peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Tes Tertulis/ Uraian
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
7 % |
[1] Masganti, 142-165 |
14 |
|
Mahasiswa mampu membahas dan menyimpulkan tugas-tugas perkembangan agama peserta didik [C5]
|
Mahasiswa mampu menganalisis secara tepat dan mengkomunikasikan bidang perkembangan agama peserta didik mulai dari tahap-tahap, sifat dan perasaan agama pada anak, motivasi dan faktor keberagamaan dan metode pengembangan agama terhadap peserta didik
|
PERKEMBANGAN AGAMA
A. Pengertian Perkembangan Agama B. Tahap-tahap Perkembangan Agama C. Sifat Agama pada Anak D. Perasaan Beragama Pada Remaja E. Motivasi Beragama Pada Remaja F. Faktor- Faktor Keberagamaan G. Berbagai Metode Pengembangan Agama
|
Metode: Inquiry Learning ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa belajar untuk melakukan analisis dan berusaha menyimpulkan perkembangan agama peserta didik mulai dari tahap-tahap, sifat dan perasaan agama pada anak, motivasi dan faktor keberagamaan dan metode pengembangan agama terhadap peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Tes Tertulis/ Uraian
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
7 % |
[1] Masganti., 170-199 |
15 |
|
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun dimensi-dimensi perkembangan remaja, mengidentifikasi permasalahan remaja dan merancang solusi atas masalah peserta didik [C3]
|
Mahasiswa mampu menganalisis dengan tepat dimensi perkembangan peserta didik (remaja), Problematika peserta didik dan solusi yang dihadapi oleh remaja atau peserta didik
|
PERMASALAHAN REMAJA DAN SOLUSINYA
A. Dimensi-Dimensi Perkembangan Remaja B. Permasalahan Remaja dan Akibatnya C. Solusi Masalah Remaja
|
Metode: Cooperative Learning ***
Pengalaman Belajar: Mahasiswa belajar secara berkelompok dan mengumpulkan data tentang permasalahan remaja yang dialami remaja di sekolah dan mencari atau memperoleh informasi tentang solusi yang diterapkan dalam menangani problematika terkait perkembangan peserta didik |
30 menit |
30 menit |
- |
Produk
|
79-100[A] 69-78 [B] 58-68 [C] 49-58 [D] < 48 [E]
|
9 % |
[1] Masganti, hlm.202-220; Bdk. Sunarto dan Agung, hlm. 220-240 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
100 % |
|
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |