10.1. UKM Dalam Perspektif Analsisis SWOT

Analisis SWOT sebuah alat yang cukup baik,efektif,dan efesien serta sebagai alat yang cepat dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan pengembangan awal program-program inovasi baru ,misalnya dalam lingkungan sekolah kejuruan . Menurut (Jhonson, dkk 1989)‚ Analisis SWOT merupakan perangkat umum yang digunakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan perencanaan strategis dalam berbagai terapan.  Menurut Freddy Rangkuti, 

Analisis SWOT merupakan suatu proses analisis yang dilakukan secara sistematis guna menyusun strategi organisasi yang efektif dan tepat. Fokus utama dari analisis ini adalah untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang organisasi.

Dikutip dari artikel appfluence.com, analisis SWOT merupakan strategi dasar yang membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi kesuksesan bisnis, proyek, maupun manajemen perusahaan. 

SWOT sendiri adalah singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang/kesempatan), threat (ancaman).

Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menilai masalah dan memanfaatkan situasi yang ada sebaik mungkin yang melekat pada bisnis kamu. Terlebih lagi, analisis SWOT berguna untuk menemukan berbagai hal yang harus ditingkatkan, dipertahankan, dan dihindari dengan mempertimbangkan kinerja, persaingan, risiko, potensial, dan strategi.  Analisis SWOT baiknya dilakukan setiap 3 bulan atau 6 bulan dalam setahun.

Dalam menggunakan analisa SWOT terdiri atas dua faktor pentingyaitu :

  1. Faktor internal, yang terdiri atas :
    1. Strenghts (kekuatan)
    2. Weaknesses (kelemahan)
  1. Faktor eksternal, yang terdiri atas :
    1. Oppurtunities (peluang)
    2. Threats (ancaman)

 Penggunaan analisis SWOT dapat diklasifikasikan dalam lima langkah:

  1. Menyiapkan sesi SWOT
  2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
  3. Mengidentifikasi kesempatan dan ancaman
  4. Melakukan ranking terhadap kekuatan dan kelemahan
  5. Menganalisis kekuatan dan kelemahan.

Last modified: Thursday, 17 November 2022, 5:47 PM