10.5 Kesimpulan

  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis SWOT dapat membantu perusahaan merancang strategi yang matang. Penting untuk diketahui bahwa analisis SWOT adalah salah satu yang paling sering digunakan oleh usaha-usaha karena sangat mudah dipahami.

    Agar dapat melakukan analisis SWOT dengan benar, maka Anda harus terlebih dahulu memahami empat elemen yang ada di dalamnya. Keempat elemen dari analisis SWOT adalah Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

  • Contoh sederhana dari Strengths dan Weaknesses dari sebuah perusahaan adalah paten atau properti intelektual apa saja yang Anda miliki atau lokasi bisnis Anda.

  • Manfaat  analisis swot: Analisis SWOT dapat menjadi penyebab utama yang kelangsungan perusahaan. 

    Hal ini karena analisis ini akan menghasilkan berbagai rekomendasi untuk semakin menonjolkan kekuatan, mengurangi adanya kelemahan, memanfaatkan peluang yang ada, dan mengantisipasi ancaman yang mungkin muncul.

    Selain itu, Anda juga dapat mengetahui sebesar apa potensi, minat, dan peluang pasar yang ada dan seberapa kompetitif pasar pada industri Anda.


Last modified: Monday, 21 November 2022, 7:25 AM