13.5 Manfaat Kewirausahaan

A. Manfaat Kewirausahaan bagi seseorang

  1. Peluang untuk menentukan nasib sendiri

Menjadi wirausahawan berarti mengatur waktu sendiri dalam rangka menentukan nasib sendiri. Semua waktu, pikiran, dan tenaga tercurah untuk usaha yang ditekuni sehingga membawa dampak positif bagi kehidupan wirausahawan tersebut di masa mendatang. Bisnis yang dimiliki sendiri memberi kebebasan dan peluang bagi wirausahawan untuk memperoleh sesuatu yang diimpikannya.

  1. Peluang untuk melakukan perubahan

Menjadi wirausahawan berarti siap untuk melakukan perubahan, terutama perubahan pola pikir (mindset). Sehingga membawa perubahan pada pola bertindak dan berperilaku. Dengan melakukan perubahan, terjadi proses belajar untuk menjadi lebih baik. Hal ini mencerminkanseorang pribadi yang dinamis.

  1. Peluang untuk mencapai potensi yang seutuhnya

Wirausahawan adalah orang yang mengaktualisasikan diri dengan cara mengoptimalkan semua kemampuan yang dimilikinya dalam bentuk suatu usaha yang ditekuninya (bidang usaha). Dengan memiliki bisnis sendiri, seorang wirausahawan akan selalu belajar untuk menjadi lebih baik. Dalam rangka mengoptimalkan potensi yang dimiliki, diperlukan ide kreatif, antusiasme, inovasi dalam bertindak, dan visi yang jelas sebagai pedoman untuk bertindak.

  1. Peluang untuk memperoleh keuntungan yang Menakjubkan

Siap menjadi wirausahawan berarti siap untuk menjadi orang dengan penghasilan tak terbatas. Hal ini memerlukan usaha dan perjuangan yang keras dan cerdas sehingga hasil yang diperoleh merupakan hasil yang luar biasa. Pepatah No pain no gain (tidak ada keberhasilan tanpa keringat) amatlah cocok jika diterapakan oleh seorang wirausahawan. Usaha keras yang telah dilakukan pastilah membawa hasil yang diharapkan. Ungkapan “usaha tak pernah mengingkari hasil” adalah prinsip yang harus selalu dipegang teguh oleh seorang wirausahawan.

  1. Peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai

kebanyakan wirausahawan memulai usaha dari hobi yang ditekuninya. Bermodalkan ketekunan, keuletan dan disiplin, sebuah usaha yang semula kecil akan menjadi besar dan berkembang.

 

B. Manfaat kewirausahaan terhadap Perekonomian negara adalah sebagai berikut :

  1. Pemutar gerak roda ekonomi

Seorang wirausahawan akan berusaha menciptakan produk atau jasa yang bisa diterima konsumen. Wirausahawan bisa menggaji karyawan yang membantunya. Karyawan tersebut memperoleh pendapatan, yang kemudian meningkatkan daya beli masyarakat secara umum. Selain itu, wirausahawan juga menghidupkan perekonomian dari seluruh pemegang kepentingan dari dalam usahanya. Mulai dari supplier, distributor, bahkan hingga petugas parkir.

  1. Pembuka atau penyedia lapangan kerja

Seorang wirausahawan bisa menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat. Hal itu mengurangi angka Pengangguran sekaligus masalah-masalah sosial, seperti kejahatan dan gelandangan.

  1. Pembayar pajak sebagai sumber pemasukan APBN/APBD

Wirausahawan juga mempunyai peran lain, yaitu sebagai salah satu sumber pajak bagi negara. Untuk itu, pemerintah terus berupaya mempermudah wirausahawan menjalankan usaha, antara lain dengan mempermudah perizinan, memberikan insentif/keringanan pajak, menyediakan modal dengan bunga ringan, dan sebagainya.

  1. Penghasil devisa dari produk ekspor yang akan memperkuat cadangan devisa

Banyak wirausahawan Indonesia yang mampu menembus pasar mancanegara. Hal ini mengharumkan nama bangsa sekaligus menghasilkan devisa bagi negara.

  1. Menjalankan peran sebagai fungsi sosial untuk memajukan bangsa

Para wirausahawan dapat memajukan bangsa melalui sumbangan-sumbangannya di berbagai bidang, seperti pendidikan, budaya, kesehatan dan lain-lain. Saat ini, banyak dikenal istilah social entrepreneur. Social entrepreneur atau Wirausahawan sosial adalah orang yang berupaya membantu orang-orang yang kurang beruntung di masyarakat dengan cara memberdayakan mereka melalui jalur kewirausahaan.


Last modified: Sunday, 11 December 2022, 7:13 AM