15.1. Modal Kewirausahaan

Merujuk buku Kewirausahaan (2018), modal kewirausahaan secara garis besar dibedakan sebagai berikut. 

1. Modal Intelektual Wujud dari modal intelektual adalah ide atau gagasan yang disertai pengetahuan, keterampilan, komitmen, dan tanggung jawab. 

2. Modal Sosial dan Moral Modal ini membentuk citra yang didasarkan pada kejujuran dan kepercayaan. Modal sosial yang harus dimiliki seseorang dalam berwirausaha adalah: Kejujuran. Integritas. Menepati janji. Kesetian. Kewajaran. Suka membantu orang lain. Menghormati orang lain. Warga negara yang baik dan tata hukum. Mengejar keunggulan dan bertanggung jawab. 

3. Modal Mental Modal mental merupakan keberanian dalam menghadapi risiko yang dilandaskan agama.  Bentuk modal mental diwujudkan dalam menghadapi tantangan, keberanian melakukan perubahan dan mengadakan pembaruan, serta berani menjadi yang lebih unggul. 

4. Modal Material Modal intelektual, sosial, dan moral yang terbentuk dengan baik akan membentuk modal material dengan sendirinya. Uang atau barang adalah bentuk modal material yang dimiliki wirausahawan

 

Modal Insani dan Modal Motivasi.

Ada dua Modal insani kewirausahaan yaitu 

1.Modal sosial 

Merupakan modal insani utama yang utama yang harus dimiliki seseorang sebelum modal-modal lainnya. Seorang yang memiliki modal sosial yang tinggi biasanya memiliki etika berwirausaha yaitu: 1.Jujur 

2.memiliki integritas 

3.Menepati janji 

4.Kesetiaan 

5.Kewajaran 

6.Suka membantu orang lain 

7.Menghormati orang lain 

8.Warga negara yang baik dan taat hukum 

9.Mengejar keunggulan 

10.Bertanggung jawab 



2. Modal intelektual 

Modal insan kedua adalah modal intelektual.  Menurut stewart T.A. (1997) modal intelektual terdiri atas kompetensi, komitmen, kemampuan, tanggung jawab, pengetahuan, dan keterampilan (kemampuan),yang dapat diuraikan sebagai berikut: 

Skill x knowledge = capability x authority = Competency x commitment = intellectual capitals 

3. Modal mental dan moral 

Modal mental dan moral adalah modal keberanian yang dilandasi agama. Modal mental merupakan kekuatan tekad dan keberanian dalam melakukan sesuatu secara bertanggung jawab,seperti hal berikut: 

1. Keberanian untuk menghadap risiko 

2. keberanian untuk menghadapi tantangan 

3. keberanian untuk melakukan perubahan 

4. keberanian untuk mengadakan pembaruan 

5. keberanian untuk menjadi lebih unggul 


Last modified: Tuesday, 20 September 2022, 6:53 PM