UJIAN AKHIR SEMESTER DOSEN DENI FAISAL MIRZA

SOAL  UJIAN  AKHIR  SEMESTER

MANAGEMEN  USAHA KECIL  MENENGAH

DOSEN : Ir. DENI  FAISAL  MIRZA.M.M

Aturan Pelaksanaan. :

1.      Soal dijawab setelah membaca dan memahami pertanyaan yang di buat.

2.      Jawaban dibuat sesuai dengan pikiran dan keputusan masing masing mahasiwa.

3.      Tidak dibenarkan menjawab dengan redaksi  jawaban yang sama satu dengan yang lain ( Copy paste)

4.      Waktu pelaksanaan 1 jam di jam perkulihan keceuali ada gangguan sinyal makan ujian akan dialihkan pada jam yang sdh disepakati dosen dengan mahasiswa.

5.      Yang tidak ikut ujian pada waktu yang ditentukan akan dinyatkan tidak ikut ujian .

6.      Jawaban dibuat dengan tulisan di word Huruf Times Roman ukuran 12.

7.      Tiap Mahasiswa wajib mengisi quisioner sebagai salah satu nilai tugas di Semester ini

8.      Silahkan memulai ujian dengan wajib Berdoa menurut agama kita masing masing.

Soal Soal :

1.      Bila anda seorang Pengusaha dibidang Makanan Olahan yang baru 1 tahun berjalan untuk mempertahankan usaha tersebut bisa bertahan dan berkembang dengan omset yang besar , Apa yang anda lakukan. Kaitkan dengan Analisa SWOT.Jelaskan

2.      Dalam Strategi Menjalankan Bisnis kita mengenal yang namanya Difrensiasi produk, Akuisisi perusahaan, Peningkatan pelayanan pelanggan. Bilamana anda mendapatkan Modal Pinjaman Investasi dari Perbankan Nasional 100 M ,dari ketiga startegi bisnis diatas bila anda seorang pengusaha yang sudah berjalan 5 tahun dengan Omset pertahun  10 M bagaimana anda menjalankan ke 3 strategi diatas.Jelaskan dengan ditail

3.      Dalam sebuah perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang ssudah berdiri 7 tahun dan memiliki Luas perkebunan 100 ha dalam 3 lokasi yang berbeda. Jarak lokasi tersebut satu sama lainnya 100 Km. Masing masing areal perkebuann memilik 1 manager kebun dan 10 tenaga karyawan baik bagian pemananen buah  dan perawatan tanaman.. 2 lokasi perkebunan kelkapa sawit mengalami permasalahan yaitu Pencurian buah sawit, sengketa lahan dan tenaga kerja yang sulit untuk dilakukan pembinaan karena permasalahan narkoba yang sudah masuk ke lokasi perkebunan.; Sedang kan satu lokasi kebun mengalami kemajuan omset usaha. Manager yang terampil, karyawan yang loyal dan jujur, masyarakat lingkungan kebun yang taat beragama. Omset penjualan sawit meningkat setiap tahun. Dari permasalahan tersebut diatas bila anda diangkat menjadi direktur dari 3 lokasi kebun diatas apa nyang anda lakukan dan usulkan kepada Owner pemilik 3 perkebunan diatas.

4.      Dalam satu perusahaan Perhotelan bintang 7mengalami permasalahan dalam tata kelola di internal yang akibatnya menjadi permasalahan external. Omset mengalami penurunan drastis . Setiap tahun menurut 30 % omset. Di internal terjadi kegaduhan mulai dari pemilik usaha, managemen dan karyawan. Bila anda diangkat menjadi Dirut di Hotel Tersebut. Apa yang anda lakukan terhdap managemen hotel tersebut untuk 2 tahun target yang diberikan owner kepada anda untuk menyelesaikannya. Jelaskan!!

 

SELAMAT MENGERJAKAN UAS.

 


Last modified: Tuesday, 4 July 2023, 5:55 PM