Pokok Topik Kursus

  • Pengantar Bisnis

    Tim Dosen Pengampu Mata Kuliah Pengantar Bisnis

    1. Purnama Yanti, S.E., M.M
    2. Hendry, S.E., M.M.
    3. Drs. Jarungjung Hutagaol, M.MA
    4. Holfian Daulat Tambun Saribu, S.E., M.M
    5. Luter Girsang, S.T., M.M
    6. Fajar Rezeki A. Lubis, S,E., M. S.M
    7. Verry, SE MM BKP SH


  • Topik 1. Introduction to Business

    TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa :

    1. Mampu mengidentifikasi stakeholders kunci yang terkait dengan bisnis. 
    2. Menjelaskan fungsi kunci sebuah bisnis.
    3. Menjelaskan bagaimana membangun rencana bisnis


  • Topik 2. Pemilihan Bentuk Kepemilikan Bisnis

    Sasaran Pembelajaran

    1. Menjelaskan bagaimana pemilik bisnis memilih bentuk kepemilikan usaha.
    2. Menjelaskan metode-metode kepemilikan usaha.
    3. Menjelaskan bagaimana pemilik bisnis dapat mengukur performan bisnisnya

    File 1

  • Topik 3 Globalisasi Ekonomi

    •  3.2 Faktor Globalisasi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Pendorong Globalisasi ditandai selesai
    •  3.3 Mengapa Bisnis Go Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Faktor Globalisasi ditandai selesai
    •  3.4 Level Keterlibatan Bisnis Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Mengapa Bisnis Go Internasional ditandai selesai
    •  3.5 Struktur Organisasi Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Level Keterlibatan Bisnis Internasional ditandai selesai
    •  3.6 Hambatan Dalam Melaksanakan Bisnis Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Struktur Organisasi Internasional ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Hambatan Dalam Melaksanakan Bisnis Internasional ditandai selesai
    •  3.2 Faktor Globalisasi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Pendorong Globalisasi ditandai selesai
    •  3.3 Mengapa Bisnis Go Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Faktor Globalisasi ditandai selesai
    •  3.4 Level Keterlibatan Bisnis Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Mengapa Bisnis Go Internasional ditandai selesai
    •  3.5 Struktur Organisasi Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Level Keterlibatan Bisnis Internasional ditandai selesai
    •  3.6 Hambatan Dalam Melaksanakan Bisnis Internasional Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Struktur Organisasi Internasional ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Hambatan Dalam Melaksanakan Bisnis Internasional ditandai selesai
  • Topik 4 Bentuk dan Pengelolaan Bisnis

    •  4.1 Bentuk -Bentuk Organisasi Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  4.2 Ekspansi Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Bentuk -Bentuk Organisasi Bisnis ditandai selesai
    •  4.3 Fungsi Manajemen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Ekspansi Bisnis ditandai selesai
    •  4.4. Level Manajemen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Fungsi Manajemen ditandai selesai
    •  4.5. Peran Manajer Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4. Level Manajemen ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5. Peran Manajer ditandai selesai
    •  4.1 Bentuk -Bentuk Organisasi Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  4.2 Ekspansi Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Bentuk -Bentuk Organisasi Bisnis ditandai selesai
    •  4.3 Fungsi Manajemen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Ekspansi Bisnis ditandai selesai
    •  4.4. Level Manajemen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Fungsi Manajemen ditandai selesai
    •  4.5. Peran Manajer Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4. Level Manajemen ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5. Peran Manajer ditandai selesai
  • TOPIK 5 LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI INDONESIA

    •  5.1 Pengertian Dan Peran Lingkungan Perusahaan Dalam Penciptaan Nilai Barang & Jasa Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Tujuan Pembelajaran ditandai selesai
    •  5.2 Pendekatan Pengelompokkan Dengan Menggunakan Perusahaan Sebagai Unit Analisis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Pengertian Dan Peran Lingkungan Perusahaan Dalam Penciptaan Nilai Barang & Jasa ditandai selesai
    •  5.3 Lingkungan Perusahaan dengan Menggunakan Fungsi-fungsi Organisasi sebagai Unit Analisis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Pendekatan Pengelompokkan Dengan Menggunakan Perusahaan Sebagai Unit Analisis ditandai selesai
    •  5.4. Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Lingkungan Perusahaan dengan Menggunakan Fungsi-fungsi Organisasi sebagai Unit Analisis ditandai selesai
    •  POST TEST Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4. Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan ditandai selesai
    •  5.1 Pengertian Dan Peran Lingkungan Perusahaan Dalam Penciptaan Nilai Barang & Jasa Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Tujuan Pembelajaran ditandai selesai
    •  5.2 Pendekatan Pengelompokkan Dengan Menggunakan Perusahaan Sebagai Unit Analisis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Pengertian Dan Peran Lingkungan Perusahaan Dalam Penciptaan Nilai Barang & Jasa ditandai selesai
    •  5.3 Lingkungan Perusahaan dengan Menggunakan Fungsi-fungsi Organisasi sebagai Unit Analisis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Pendekatan Pengelompokkan Dengan Menggunakan Perusahaan Sebagai Unit Analisis ditandai selesai
    •  5.4. Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Lingkungan Perusahaan dengan Menggunakan Fungsi-fungsi Organisasi sebagai Unit Analisis ditandai selesai
    •  POST TEST Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4. Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan ditandai selesai
  • Topik 6: MOTIVASI KERJA

    Tujuan Pembelajaran

    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa :

    1. Memahami pentingnya motivasi kerja untuk meraih bisnis yang sukses.
    2. Mampu menjelaskan teori manajemen ilmiah Taylor.
    3. Mampu menjelaskan studi Hawthorne dan signifikansinya bagi manajemen.
    4. Mampu mengidentifikasi tingkat hierarki kebutuhan Maslow dan terapkan pada motivasi karyawan.
    5. Mampu membedakan antara faktor motivator dan hyegine yang diidentifikasi oleh Herzberg.
    6. Mampu membedakan antara Teori X, Teori Y, dan Teori Z.
    7. Mampu menjelaskan prinsip utama teori penetapan tujuan, harapan, dan ekuitas.




    •  6.1. Pentingnya Motivasi (The Value of Motivation) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  6.2. Teori Manajemen Ilmiah Taylor (Taylor’s Theory of Scientific Management) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1. Pentingnya Motivasi (The Value of Motivation) ditandai selesai
    •  6.3. Elton Mayo dan Studi Hawthorne (Elton Mayo and the Hawthorne Studies) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2. Teori Manajemen Ilmiah Taylor (Taylor’s Theory of Scientific Management) ditandai selesai
    •  6.4. Motivasi dan Hirarki Kebutuhan Maslow (Motivation and Maslow’s Hierarchy of Needs) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3. Elton Mayo dan Studi Hawthorne (Elton Mayo and the Hawthorne Studies) ditandai selesai
    •  6.5. Faktor Motivasi Herzberg (Herzberg’s Motivating Factors) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4. Motivasi dan Hirarki Kebutuhan Maslow (Motivation and Maslow’s Hierarchy of Needs) ditandai selesai
    •  6.6. Teori X, Teori Y dari Mcgregor dan Teori Y dari Ouchi (Mcgregor’s Theory X, Theory Y and Ouchi’s Theory Z) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5. Faktor Motivasi Herzberg (Herzberg’s Motivating Factors) ditandai selesai
    •  6.7. Teori Penetapan Tujuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran (Goal-Setting Theory and Management by Objectives) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.6. Teori X, Teori Y dari Mcgregor dan Teori Y dari Ouchi (Mcgregor’s Theory X, Theory Y and Ouchi’s Theory Z) ditandai selesai
    •  6.8. Memenuhi Harapan Karyawan: Teori Harapan (Meeting Employee Expectations: Expectancy Theory) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.7. Teori Penetapan Tujuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran (Goal-Setting Theory and Management by Objectives) ditandai selesai
    •  6.9. Memperlakukan Karyawan Secara Adil: Teori Ekuitas (Treating Employees Fairly: Equity Theory) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.8. Memenuhi Harapan Karyawan: Teori Harapan (Meeting Employee Expectations: Expectancy Theory) ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.9. Memperlakukan Karyawan Secara Adil: Teori Ekuitas (Treating Employees Fairly: Equity Theory) ditandai selesai
    •  6.1. Pentingnya Motivasi (The Value of Motivation) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  6.2. Teori Manajemen Ilmiah Taylor (Taylor’s Theory of Scientific Management) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1. Pentingnya Motivasi (The Value of Motivation) ditandai selesai
    •  6.3. Elton Mayo dan Studi Hawthorne (Elton Mayo and the Hawthorne Studies) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2. Teori Manajemen Ilmiah Taylor (Taylor’s Theory of Scientific Management) ditandai selesai
    •  6.4. Motivasi dan Hirarki Kebutuhan Maslow (Motivation and Maslow’s Hierarchy of Needs) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3. Elton Mayo dan Studi Hawthorne (Elton Mayo and the Hawthorne Studies) ditandai selesai
    •  6.5. Faktor Motivasi Herzberg (Herzberg’s Motivating Factors) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4. Motivasi dan Hirarki Kebutuhan Maslow (Motivation and Maslow’s Hierarchy of Needs) ditandai selesai
    •  6.6. Teori X, Teori Y dari Mcgregor dan Teori Y dari Ouchi (Mcgregor’s Theory X, Theory Y and Ouchi’s Theory Z) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5. Faktor Motivasi Herzberg (Herzberg’s Motivating Factors) ditandai selesai
    •  6.7. Teori Penetapan Tujuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran (Goal-Setting Theory and Management by Objectives) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.6. Teori X, Teori Y dari Mcgregor dan Teori Y dari Ouchi (Mcgregor’s Theory X, Theory Y and Ouchi’s Theory Z) ditandai selesai
    •  6.8. Memenuhi Harapan Karyawan: Teori Harapan (Meeting Employee Expectations: Expectancy Theory) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.7. Teori Penetapan Tujuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran (Goal-Setting Theory and Management by Objectives) ditandai selesai
    •  6.9. Memperlakukan Karyawan Secara Adil: Teori Ekuitas (Treating Employees Fairly: Equity Theory) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.8. Memenuhi Harapan Karyawan: Teori Harapan (Meeting Employee Expectations: Expectancy Theory) ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.9. Memperlakukan Karyawan Secara Adil: Teori Ekuitas (Treating Employees Fairly: Equity Theory) ditandai selesai
  • Topik 7: KEPEMIMPINAN

    Tujuan Pembelajaran  :
    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa:

    1. Memahami perubahan yang terjadi saat ini dalam fungsi manajemen.
    2. Mampu menjelaskan empat (4) fungsi manajemen.
    3. Memahami bagaimana karakter seorang pemimpin (leader).
    4. Mampu menjelaskan perbedaan antara pemimpin (leader) dan manajer (manager).
    5. Mampu menggambarkan berbagai gaya kepemimpinan (leadership styles).



    •  7.1. Perkembangan Peran Manajer (Managers’ Roles are Evolving) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  7.2. Fungsi Manajemen (The Functions of Management) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1. Perkembangan Peran Manajer (Managers’ Roles are Evolving) ditandai selesai
    •  7.3. Memimpin: Memberikan Visi dan Nilai Berkelanjutan (Leading: Providing Continuous Vision and Values) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2. Fungsi Manajemen (The Functions of Management) ditandai selesai
    •  7.4. Gaya kepemimpinan (Leadership Styles) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3. Memimpin: Memberikan Visi dan Nilai Berkelanjutan (Leading: Providing Continuous Vision and Values) ditandai selesai
    •  7.5. Memberdayakan Karyawan (Empowering Employees) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4. Gaya kepemimpinan (Leadership Styles) ditandai selesai
    •  7.6. Mengelola Pengetahuan (Managing Knowledge) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5. Memberdayakan Karyawan (Empowering Employees) ditandai selesai
    •  7.1. Perkembangan Peran Manajer (Managers’ Roles are Evolving) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  7.2. Fungsi Manajemen (The Functions of Management) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1. Perkembangan Peran Manajer (Managers’ Roles are Evolving) ditandai selesai
    •  7.3. Memimpin: Memberikan Visi dan Nilai Berkelanjutan (Leading: Providing Continuous Vision and Values) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2. Fungsi Manajemen (The Functions of Management) ditandai selesai
    •  7.4. Gaya kepemimpinan (Leadership Styles) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3. Memimpin: Memberikan Visi dan Nilai Berkelanjutan (Leading: Providing Continuous Vision and Values) ditandai selesai
    •  7.5. Memberdayakan Karyawan (Empowering Employees) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4. Gaya kepemimpinan (Leadership Styles) ditandai selesai
    •  7.6. Mengelola Pengetahuan (Managing Knowledge) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5. Memberdayakan Karyawan (Empowering Employees) ditandai selesai
  • TOPIK 9. KEBIJAKAN PRODUK


    •  9.1 Konsep Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  9.2. Klasifikasi Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Produk ditandai selesai
    •  9.3. Bauran Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2. Klasifikasi Produk ditandai selesai
    •  9.4. Pengembangan Produk Baru Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3. Bauran Produk ditandai selesai
    •  9.5. Daur Hidup Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4. Pengembangan Produk Baru ditandai selesai
    •  9.6. Alternatif Memperpanjang Umur Produk: Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5. Daur Hidup Produk ditandai selesai
    •  9.7. Sebab Kegagalan Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6. Alternatif Memperpanjang Umur Produk: ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5. Daur Hidup Produk ditandai selesai
    •  9.1 Konsep Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test ditandai selesai
    •  9.2. Klasifikasi Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Produk ditandai selesai
    •  9.3. Bauran Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2. Klasifikasi Produk ditandai selesai
    •  9.4. Pengembangan Produk Baru Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3. Bauran Produk ditandai selesai
    •  9.5. Daur Hidup Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4. Pengembangan Produk Baru ditandai selesai
    •  9.6. Alternatif Memperpanjang Umur Produk: Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5. Daur Hidup Produk ditandai selesai
    •  9.7. Sebab Kegagalan Produk Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6. Alternatif Memperpanjang Umur Produk: ditandai selesai
    •  Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5. Daur Hidup Produk ditandai selesai
  • TOPIK 10. Kebijakan Promosi

    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa: 

    1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan strategi promosi, 
    2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang bauran promosi.


  • Topik 11. KEBIJAKAN DISTRIBUSI

    Sasaran Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami kebijakan distribusi
    2. mahasiswa dapat memilih metode saluran distribusi yang paling tepat digunakan
    3. mahasiswa dapat memahami dan menyelesaikan konflik distribusi


    •  11.1 Pendahuluan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Tes ditandai selesai
    •  11.2. Distribusi Produk Konsumsi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.1 Pendahuluan ditandai selesai
    •  11.3. Distribusi Produk Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2. Distribusi Produk Konsumsi ditandai selesai
    •  11.4. Strategi Distribusi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3. Distribusi Produk Bisnis ditandai selesai
    •  11.5. Konflik Saluran Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4. Strategi Distribusi ditandai selesai
    •  11.6. Perdagangan Partai Besar Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5. Konflik Saluran ditandai selesai
    •  11.7. Perdagangan Eceran Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6. Perdagangan Partai Besar ditandai selesai
    •  11.8. Distribusi Fisik Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7. Perdagangan Eceran ditandai selesai
    •  Post Tes Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.8. Distribusi Fisik ditandai selesai
    •  11.1 Pendahuluan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Tes ditandai selesai
    •  11.2. Distribusi Produk Konsumsi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.1 Pendahuluan ditandai selesai
    •  11.3. Distribusi Produk Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2. Distribusi Produk Konsumsi ditandai selesai
    •  11.4. Strategi Distribusi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3. Distribusi Produk Bisnis ditandai selesai
    •  11.5. Konflik Saluran Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4. Strategi Distribusi ditandai selesai
    •  11.6. Perdagangan Partai Besar Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5. Konflik Saluran ditandai selesai
    •  11.7. Perdagangan Eceran Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6. Perdagangan Partai Besar ditandai selesai
    •  11.8. Distribusi Fisik Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7. Perdagangan Eceran ditandai selesai
    •  Post Tes Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.8. Distribusi Fisik ditandai selesai
  • Topik 12: KEBIJAKAN HARGA

    •  12.2 Pendekatan Penetapan Harga Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12. 1 Kebijakan Harga ditandai selesai
    •  12.3 Strategi Harga Psikologis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Pendekatan Penetapan Harga ditandai selesai
    •  12.4 Strategi Harga Diskon. Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Strategi Harga Psikologis ditandai selesai
    •  Post Test 12 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Strategi Harga Diskon. ditandai selesai
    •  12.2 Pendekatan Penetapan Harga Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12. 1 Kebijakan Harga ditandai selesai
    •  12.3 Strategi Harga Psikologis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Pendekatan Penetapan Harga ditandai selesai
    •  12.4 Strategi Harga Diskon. Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Strategi Harga Psikologis ditandai selesai
    •  Post Test 12 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Strategi Harga Diskon. ditandai selesai
  • Topik 13 : MANAJEMEN OPERASI

  • Topik 14. Manajemen Keuangan

    Tujuan pembelajaran:

    1. mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen keuangan

    2. mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan mengenai lingkungan perusahaan

    3. mahasiswa memahami mengenai keputusan pendanaan perusahaan

    4. mahasiswa memahami dan mampu melakukan analisis keuangan perusahaan

    •  14.1 Konsep Manajemen Keuangan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre test topik 14 ditandai selesai
    •  14.2 Lingkungan Keuangan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.1 Konsep Manajemen Keuangan ditandai selesai
    •  14.3 Keputusan Pendanaan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Lingkungan Keuangan ditandai selesai
    •  14.4 Analisis Keuangan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Keputusan Pendanaan Perusahaan ditandai selesai
    •  Post test topik 14 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Analisis Keuangan Perusahaan ditandai selesai
    •  14.1 Konsep Manajemen Keuangan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre test topik 14 ditandai selesai
    •  14.2 Lingkungan Keuangan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.1 Konsep Manajemen Keuangan ditandai selesai
    •  14.3 Keputusan Pendanaan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Lingkungan Keuangan ditandai selesai
    •  14.4 Analisis Keuangan Perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Keputusan Pendanaan Perusahaan ditandai selesai
    •  Post test topik 14 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Analisis Keuangan Perusahaan ditandai selesai