Pengantar Mata Kuliah Psikologi Multikulturalisme

A. Tim Pengampu Matakuliah Psikologi Multikulturalisme

1. Bernard Ndruru, S.Fil., M.Psi.
Jadwal kelas Pagi C (Selasa/ pukul 08.10-09.10), Pagi D (Selasa/ 09.10.10-10), dan Malam A (Selasa/ 17.30-18.30) 

2. Valdesz Junianto Nainggolan, MSP 

Jadwal Kelas: Semester 1 Malam B; Semester 1 Pagi B; Semester 1 Pagi A 


B. Deskripsi Matakuliah Multikulturalisme

Dalam matakuliah ini  akan dibahas mengenai bagaimana keberagaman yang kita miliki menjadi sebuah cara untuk menyatukan kita agar adanya kedamaian dalam berhubungan sosial di masyarakat.


C. Tujuan Pembelajaran Matakuliah Multikulturalisme

Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana keberagaman yang kita miliki menjadi sebuah cara untuk menyatukan kita agar adanya kedamaian dalam berhubungan sosial di masyarakat dan kaitannya dengan ilmu psikologi.


D. Capaian Pembelajaran Matakuliah Multikulturalisme
Setelah mengikuti perkuliahan multikulturalisme ini, mahasiswa diharapkan mampu: mengetahui bagaimana keberagaman yang terjadi di Indonesia, baik dalam hal agama, suku, budaya, gender serta kaitannya dengan aplikasinya dalam ilmu psikologi.

E. Metode Pembelajaran
Penyampaian materi dilakukan dengan metode: tanya jawab dan brainstormning, serta diskusi kelompok.
Semua materi ini diberikan secara tertulis melalui Spada dan tanya jawab melalui forum spada, grup Whatsapp dan zoom meeting/ goggle classs room.

E. Evaluasi
Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui: pemberian pretes dan post tes untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa terkait yang diberikan, pemberian tugas makalah kelompok sesuai materi yang diharapkan, serta ujian tertulis (UTS dan UAS).

F. Referensi
1. Blum, L. 2001. Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar Ras, Tiga Nilai Yang bersifat Mendidik Bagi Sebuah Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Tiara Wacana.

2. Ibrahim, R. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013.

3. Ujan, AA., Molan, B., Nugroho, St., Djoko, FX. W & Putranto, H. 2009. Multikulturalisme-Belajar hidup bersama dalam perbedaan. Jakarta: Indeks

4. Maksum, A. & Ruhendi, L.Y. 2004. Paradigma pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modernisme. Yogyakarta: IRCiSod.

5. Muhadjir, N. 2013. Psikologi Positif-Permodelan the high talented for normal people. Yogyakarta: Rake Sarasin

6. Skeel, D.J. 1995. Elementary Social Studies: Challenge for Tomorrow’s World. New York: Harcount Brce College Publishers.

7. Sukmono, F.G & Junaedi, F. 2015. Komunikasi multikultur-melihat multikulturalisme dalam genggaman media

8. Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo

9. Vadis, M.Q. 2007. Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.

10. Yaqin, A.M. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

*******

Terakhir diperbaharui: Tuesday, 26 September 2023, 06:16