Topic outline

  • General

  • Topik 1: Pengantar Multikulturalisme


    Selamat bergabung di Fakultas Psikologi UNPRI, khususnya di mata kuliah Multikulturalisme.

    Nah, setiap memulai perkuliahan anda akan diminta untuk mengisi presensi, yang mana password masing masing kelas akan diberikan secara langsung dosen yang bersangkutan (untuk luring) dan melalui WAG (untuk daring). Untuk itu, mohon diperhatikan WAG kelas masing-masing ya karena info akan diberikan secara berkala dalam grup tersebut sesuai kebutuhan dosen ybs.

    Untuk pertemuan perdana ini, kami akan membagikan kontrak perkuliahan dan kegiatan pembelajaran. silahkan dibaca, setelah itu silahkan kembali ke WAG karena kami akan mengajarkan secara luring kita sekaligus perkenalan dan penjelasan singkat terkait matakuliah multikulturalisme ini. 

    Selamat membaca dan pastikan anda sudah mengisi presensi sebelum menutup spada anda..

    Terima kasih,

    Valdesz Junianto Nainggolan

    Bernard Ndruru

    •  1.3-Kegiatan Pembelajaran Page
      Restricted Not available unless: The activity 1.2-Kontrak Kuliah is marked complete
    •  1.4-Referensi Page
      Restricted Not available unless: The activity 1.3-Kegiatan Pembelajaran is marked complete
    •  1.5-Pengumuman Penting Page
      Restricted Not available unless: The activity 1.4-Referensi is marked complete
    •  1.6-Tugas Membaca Materi Mingguan Page
      Restricted Not available unless: The activity 1.5-Pengumuman Penting is marked complete
    •  Rangkuman Topik 1 Page
      Restricted Not available unless: The activity 1.6-Tugas Membaca Materi Mingguan is marked complete
  • Topik 2 : Pendidikan Multikulturalisme


    Selamat bertemu kembali di matakuliah multikulturalisme. Semoga kita semua tetap dalam keadaan yang sehat, kuat dan bahagia ya...

    Pada pertemuan kedua ini, kita akan membahas tentang Pendidikan Multikulturalisme. Kami berharap anda dapat lebih fokus dan semangat lagi dalam mempelajari dan memahami materi ini. Nilai kelulusan pada materi ini adalah 70.

    Perlu diingat, dalam mengikuti kuliah hari ini (dan seterusnya), ada urutan dan batasan waktunya yaitu:

    1. Ikuti pretest terlebih dahulu (dengan batasan waktu 5 menit dan 1x percobaan)

    2. Membaca materi per subtopik dengan berurutan (dari 2.1-2.5). Setelah selesai membaca per subtopik, pastikan bahwa anda sudah menceklisnya (batasan waktu membaca materi diharapkan 15-20 menit)

    3. Jika ada dari materi tersebut perlu ditanyakan atau didiskusikan, anda bisa bergabung di Zoom cloud meeting & WAG (dengan batasan waktu 15-20 menit) melalui link yang akan dibagi oleh dosen pengampu.

    4. Setelah selesai membaca subtopik 2.1-2.5, anda harus mengikuti postest (dengan batasan waktu 10 menit dan 3x percobaan). perlu anda ingat bahwa anda lulus untuk topik ini jika nilai posttest 70.

    5. Jika hasil posttest anda kurang 70 (tidak lulus), maka minggu depan (topik 3) anda wajib mengulang posttest perkuliahan ini (topik 2) dan harus lulus agar anda bisa mengikuti perkuliahan baru untuk minggu depan (topik 3).

    6. Sebelum menutup pembelajaran pada hari ini, pastikan bahwa anda sudah mengisi presensi sebagai bukti bahwa anda sudah mengikuti perkuliahan pada hari ini


    Pada topik 2 ini, kita akan bahas tentang Pendidikan Multikulturalisme, yang meliputi:

    a. Pengantar Pendidikan Multikulturalisme

    b. Pendidikan dan Multikulturalisme

    c. Pengertian Pendidikan Multikulturalisme

    d. Tujuan Pendidikan Multikulturalisme

    d. Elemen penting dalam pendidikan multikulturalisme


    Salam sehat

    Bernard Ndruru

    Valdes Nainggolan


    •  2.2-Pendidikan dan Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.1-Pengantar Pendidikan Multikulturalisme is marked complete
    •  2.3-Pengertian Pendidikan Multikultural Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.2-Pendidikan dan Multikulturalisme is marked complete
    •  2.4-Tujuan Pendidikan Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.3-Pengertian Pendidikan Multikultural is marked complete
    •  2.5-Elemen penting dalam Pendidikan Muktikultural Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.4-Tujuan Pendidikan Multikulturalisme is marked complete
    •  2.6-Perhatikan gambar berikut!!! Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.5-Elemen penting dalam Pendidikan Muktikultural is marked complete
    •  Rangkuman Topik 2 Page
      Restricted Not available unless: The activity 2.6-Perhatikan gambar berikut!!! is marked complete
    •  Post Test Topik 2 (1 Pagi A) Quiz
      Restricted Not available unless:
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi A
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    •  Post Test Topik 2 (1 Pagi B) Quiz
      Restricted Not available unless: You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    •  Post Test Topik 2 (1 Pagi C) Quiz
      Restricted Not available unless: You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    •  Post Test Topik 2 (1 Pagi D) Quiz
      Restricted Not available unless: You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    •  Post Test Topik 2 (1 Malam A) Quiz
      Restricted Not available unless: You belong to PMK Semester 1 Malam A
    •  Post Test Topik 2 (1 Malam B) Quiz
      Restricted Not available unless: You belong to PMK Semester 1 Malam B
  • Topik 3: Multikulturalisme


    Selamat bertemu kembali di matakuliah multikulturalisme. Semoga kita semua tetap dalam keadaan yang sehat, kuat dan bahagia ya...

    Bagaimana pengalaman perdana anda mengikuti pretes dan postes di matakuliah multikulturalisme ini??? ada yang mendapatkan nilai diatas 70 (selamat dan pertahankan ya), namun ada juga yang mendapatkan nilai dibawah 70 (semangat dan terus belajar ya). Ini akan kita jadikan evaluasi kedepannya, termasuk untuk pertemuan hari ini kita.

    -----

    Topik ke 3 yang akan dibahas hari ini adalah Multikulturalisme yang meliputi: 

    a. Pengantar Mutikulturalisme

    b. Pengertian Multikulturalisme

    c. Jenis Multikulturalisme

    d. Pluralisme di Indonesia

    e. Masyarakat Multikultural

    ----

    Sebelum anda memulai perkuliahan, silahkan pahami urutan dan batasan waktu yang kami berikan:

    1. Ikuti pretest terlebih dahulu (dengan batasan waktu 5 menit dan 1x percobaan) dan jangan lupa untuk mengisi presensi.

    2. Membaca materi per subtopik dengan berurutan dan ceklis jika anda sudah membaca dan memahami masing-masing subtopik tersebut.

    3. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tanyakan melalui forum spada yang sudah kami berikan atau WAG kelas.

    4. Jika anda sudah paham akan materi yang kami berikan, silahkan kerjakan  postest dengan nilai kelulusan adalah 70. Baca terlebih dahulu ya, jangan tergesa gesa agar nilai anda maksimal dan ini merupakan syarat anda untuk bisa membuka pretes pada topik 4. jika anda mengalami kendala, silahkan komunikasikan hal ini pada kami.

    5. Sebelum anda menutup perkuliahan ini, pastikan anda sudah mengisi presensi ya.

     Salam

    Valdest Nainggolan

    Bernard Ndruru



    •  3.1-Pengantar Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity Pretest Topik 3 is marked complete
    •  3.2-Pengertian Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.1-Pengantar Multikulturalisme is marked complete
    •  3.3-Jenis Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.2-Pengertian Multikulturalisme is marked complete
    •  3.4-Perhatikan gambar berikut !! Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.3-Jenis Multikulturalisme is marked complete
    •  3.5-Pluralisme multikultural di Indonesia Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.4-Perhatikan gambar berikut !! is marked complete
    •  3.6-Masyarakat Multikulturalis Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.5-Pluralisme multikultural di Indonesia is marked complete
    •  Rangkuman Topik 3 Page
      Restricted Not available unless: The activity 3.6-Masyarakat Multikulturalis is marked complete
  • Topik 4-Psikologi dan Multikultural

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • The activity Posttest Topik 3 is marked complete
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • All of:
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
      • The activity PRESENSI SEMESTER 1 PAGI B is marked complete
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A


    Topik 4 ini, kita akan membahas tentang kaitan antara ilmu psikologi dan pendidikan multikulturalisme.
    Harapan sederhana kami sebagai pengampu matakuliah multikulturalisme adalah keberagaman yang terjadi diantara kita smua tdk membuat perpecahan didalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya dilingkungan terkecil kita yakni kita sebagai anggota di kelas multikulturalisme ini dan lingkungan kita yang lebih besar lagi pada umumnya (misalnya: kita sebagai bagian dari anggota keluarga, kita sebagai bagian dari anggota masyarakat tempat tinggal, kita sebagai bagian dari penduduk di Indonesia dll)..

    baiklah, sebelum membuka materi yang kami berikan..
    silahkan kerjakan terlebih dahulu pretes dan pastikan juga anda sudah mengisi presensi anda hari ini, lanjutkan dengan membaca materi dan silahkan tinggalkan pertanyaan anda melalui forum spada atau tanyakan langsung melalui diskusi virtual kita hari ini serta diakhir pertemuan silahkan kerjakan post tes anda dengan nilai kelulusan 80....


    Selamat Belajar
  • Topik 5-Multikulturalisme dan Media (Audio Visual)

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • The activity Posttest Topik 4 is marked complete
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A

    Media juga bisa membantu dalam memperkenalkan keberagaman budaya yang terjadi di dunia, media audio visual salah satunya.

    Apa dan bagaimana caranya?? mari kita baca dengan seksama materi yang kami berikan ini..

    Sebelum anda mulai membuka materi, pastikan anda mengisi pretes dan diakhiri dengan postes agar kami tahu bagaimana pemahaman anda terkait materi yang kami berikan.

    oh iya, jgn lupa mengisi presensi karena jika anda melupakannya maka kami menganggap anda tidak hadir..

     terima kasih..

  • Topik 6-Multikulturalisme dan Media (Visual 1)


    •  6.2-Multikulturalisme dalam Media Visual Grafis Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.1-Multikulturalisme dalam Media Visual Non Cetak is marked complete
    •  6.3-Multikulturalisme dalam Media Visual Verbal Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.2-Multikulturalisme dalam Media Visual Grafis is marked complete
    •  6.4-Masalah Multikulturalisme di dunia Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.3-Multikulturalisme dalam Media Visual Verbal is marked complete
    •  6.5-Contoh masalah RAS terjadi di Amerika URL
      Restricted Not available unless: The activity 6.4-Masalah Multikulturalisme di dunia is marked complete
    •  6.6-Cara Mengatasi Masalah Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.5-Contoh masalah RAS terjadi di Amerika is marked complete
    •  6.7-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.6-Cara Mengatasi Masalah Multikulturalisme is marked complete
    •  Rangkuman Topik 6 Page
      Restricted Not available unless: The activity 6.7-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme is marked complete
  • Topik 7-Multikulturalisme dan Media (Visual 2)

    19 Keragaman Budaya Indonesia Beserta Gambar, Keterangannya [Lengkap] -  Bukubiruku

    Kita akan melanjutkan pembahasan terkait masalah multikulturalisme yang kita peroleh dari media visual. Pada topik 6, kita sudah membahas masalah yang terjadi di Dunia. Di topik 7 kali ini, kita akan mengetahui bagaimana permasalahan perbedaan yang terjadi di Indonesia dan di Sumut khususnya. Satu hal yang perlu kita ingat, berbeda itu biasa namun tetap bersatu dalam perbedaan itu yang luar biasa dan perlu kita jaga selamanya. Seperti gambar burung garuda diatas, yang memiliki beragam warna, itulah Indonesia "Berbeda-beda namun tetap satu jua".

    so, silahkan buka dan baca materi yang sudah saya berikan di spada. Diakhir materi, anda diminta untuk mengerjakan kuis sebagai gambaran buat saya terhadap pemahaman anda terkait materi yang telah diberikan selama ini. Setelah itu, baru kita akan mendengarkan pemaparan dari kelompok 2 dan 3 terkait masalah multikulturalisme di Indonesia dan di Sumut khususnya.

    Selamat belajar..

    •  7.1-KASUS 1: Kerusuhan di Papua Barat dan cara penyelesaiannya Page
      Restricted Not available unless: The activity Masalah multikulturalisme di Indonesia is marked complete
    •  7.2-KASUS 2: Tragedi di Poso dan cara penyelesaiannya Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.1-KASUS 1: Kerusuhan di Papua Barat dan cara penyelesaiannya is marked complete
    •  7.3-KASUS 3: Konflik Ambon dan cara penyelesaiannya Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.2-KASUS 2: Tragedi di Poso dan cara penyelesaiannya is marked complete
    •  7.4-KASUS 4: Bentrok antar suku di Lampung Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.3-KASUS 3: Konflik Ambon dan cara penyelesaiannya is marked complete
    •  7.5-KASUS 5: Konflik antar etnis di Sampit dan cara penyelasaiannya Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.4-KASUS 4: Bentrok antar suku di Lampung is marked complete
    •  7.6-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme di Indonesia Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.5-KASUS 5: Konflik antar etnis di Sampit dan cara penyelasaiannya is marked complete
    •  Masalah multikulturalisme di Sumatera Utara Forum
      Restricted Not available unless: The activity 7.6-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme di Indonesia is marked complete
    •  7.7-KASUS 6: Wisata Halal di Danau Toba Page
      Restricted Not available unless: The activity Masalah multikulturalisme di Sumatera Utara is marked complete
    •  7.8-Cara penyelesaian masalahnya Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.7-KASUS 6: Wisata Halal di Danau Toba is marked complete
    •  7.9-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme di Sumatera Utara Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.8-Cara penyelesaian masalahnya is marked complete
    •  Rangkuman topik 7 Page
      Restricted Not available unless: The activity 7.9-Peran Media dalam Masalah Multikulturalisme di Sumatera Utara is marked complete
  • Topik 8 - Ujian Tengah Semester


    Pelaksanaan UTS Matakuliah Psikologi Multikuturalisme

    Instruksi: Baca dengan seksama dan kerjakan setiap soal yang diberikan.
    Sifat Ujian: Close Book 
    Waktu pengerjaan: 50 menit

    YAKIN DENGAN KEMAMPUAN YANG ANDA MILIKI

    ingat ya, 

    1. CLOSE BOOK artinya tanpa liat catatan apapun hanya mengandalkan apa yang sudah anda baca sebelumnya dan tanpa berdiskusi dgn teman teman juga ya...
    2. Jangan lupa isi presensi dan submit setelah ngerjakan smua soal UTS nya ya..


    •  Ujian Tengah Semester Quiz
      Restricted Not available unless any of:
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
      • You belong to PMK Semester 1 Malam A
      • You belong to PMK Semester 1 Malam B
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi A
  • Topik 9-Multikulturalisme dalam jurnal/ penelitian (1)

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A
  • Topik 10-Lanjutan: Multikulturalisme dalam jurnal/ penelitian (2)

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A
  • Topik 11-Kebudayaan dan Pembentukan Identitas Diri (1)

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A


    Beberapa pertemuan yang lalu, kita sudah membahas media yang bisa digunakan untuk memahami maupun mengkampayekan perihal multikulturalisme..

    sekarang,  kita akan masuk teori lagi berkaitan multikulturalisme. nah, kali ini kita akan membahas tentang kebudayaan dan unsur dari kebudayaan tersebut...

    oh iya, jgn lupa kerjakan dulu ya pretesnya, lalu isi presensi dan baca materi.

  • Topik 12-Lanjutan: Kebudayaan dan Pembentukan Identitas Diri (2)

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A

    Pada topik 11, kita sudah membahas tentang kebudayaan dan unsur kebudayaan. nah kali ini kita akan melanjutkan tentang bagaimana kebudayaan menjadi identitas bagi diri/ bangsa. Jangan lupa, kerjakan dl pretes dan diakhiri dengan postes. 

    SELAMAT BELAJAR



  • Topik 13-Integrasi Budaya


    Secara garis besar kata integrasi memiliki makna pembauran, menyatukan, memadukan dan menggabungkan sesuatu yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh, yang mana berbeda dari bentuk asalnya menjadi sesuatu yang baru. Sedangkan secara terminologi, dalam ilmu-ilmu sosial, seperti dalam kamus sosiologi integrasi berarti salah satu masalah kekal sosial masyarakat bagaimana berbagai elemen masyarakat menjaga kesatuan, bagaimana mereka berintegrasi dengan satu sama lain.

    Dalam Kamus Sosiologi yang ditulis Soerjono Soekanto, integrasi memiliki makna pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan dalam suatu sistem sosial dan membuat suatu keseluruhan dari unsur-unsur tertentu. Sedangkan integrasi kultural memiliki makna derajat ketergantungan fungsional dari unsur-unsur suatu kebudayaan. Bahkan integrasi dalam ilmu antropologi juga memiliki beberapa pengertian lain seperti penyatuan beberapa budaya yang berbeda, menjadi satu kesatuan budaya yang lain dari budaya asalnya (biasa disebut akulturasi, difusi, inkulturasi dan asimilasi).

    Dalam integrasi budaya yang terjadi di dalam masyarakat terdapat empat jenis integrasi, yaitu difusi, akulturasi, asimilasi dan inkulturasi. Keempatnya memiliki corak tertentu dikarenakan memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda. Semisal difusi terjadi di dalam masyarakat dikarenakan bahwa pada masyarakat terjadi migrasi di suatu wilayah tertentu yang jauh dari tempat asal dari masyarakat tersebut, di tempat yang baru tersebut terjadi integrasi budaya lama dengan budaya baru dengan menyesuaikan kondisi lingkungan yang baru.


    •  13.2-Akulturasi Page
      Restricted Not available unless: The activity 13.1-Difusi is marked complete
    •  13.3-Asimilasi Page
      Restricted Not available unless: The activity 13.2-Akulturasi is marked complete
    •  13.4-Inkulturasi Page
      Restricted Not available unless: The activity 13.3-Asimilasi is marked complete
    •  13.5-Rangkuman topik 13 Page
      Restricted Not available unless: The activity 13.4-Inkulturasi is marked complete
  • Topik 14- Aplikasi Konsep Multikulturalisme

    Restricted Not available unless any of:
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
    • You belong to PMK Semester 1 Malam A
    • You belong to PMK Semester 1 Malam B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
    • You belong to PMK Semester 1 Pagi A

    Pengertian Multikultural - Latar Belakang, Ciri, Bentuk Contoh

    Multikulturalisme memiliki banyak pengertian. Salah satu pengertiannya menekankan adanya penghargaan terhadap keanekaragaman di luar kebiasaan atau budaya dominan. Pandangan multikulturalisme bermanfaat untuk mengetahui bagaimana struktur sosial menciptakan dan menjaga budaya-budaya yang berbeda dalam suatu masyarakat.

    Menurut Azyumardi Azra, “Multikulturalisme” pada dasarnya adalah “Pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan terhadap realitas keagamaan, pluralitas, dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Multikulturalisme dapat juga dipahami sebagai pandangan dunia yang kemudian diwujudkan dalam kesadaran politik.

    Bhikhu Parekh mengatakan bahwa masyarakat multikultural adalah ”Suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa macam komunitas budaya dengan segala kelebihannya, dengan sedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan.


  • Topik 15-Rasisme dan Diskriminasi


    Rasisme secara umum dapat diartikan sebagai serangan sikap, kecenderungan, pernyataan, dan tindakan yang mengunggulkan atau memusuhi kelompok masyarakat terutama karena identitas ras. Rasisme juga di pandang sebagai sebuah kebodohan karena tidak mendasarkan (diri) pada satu ilmu apapun, serta berlawanan dengan norma-norma etis, perikemanusiaan, dan hak-hak asasi manusia.

    Kata rasisme itu sendiri dapat membangkitkan reaksi emosional yang sangat kuat, terutama bagi mereka yang telah merasakan penindasan dan eksploitasi yang berasal dari sikap dan perilaku rasis. Untuk anggota Afrika Amerika, Asia Amerika, penduduk asli Amerika, dan budaya Latino, rasisme telah menciptakan sejarah sosial dibentuk oleh prasangka dan diskriminasi. Untuk individu anggota kelompok ini, rasisme telah mengakibatkan rasa sakit penindasan. Bagi mereka yang tergabung dalam kelompok budaya yang telah memiliki kekuatan untuk menindas dan mengeksploitasi orang lain, rasisme istilah yang sering membangkitkan pikiran sama kuat dan reaksi emosional yang mengingkari tanggung jawab dan partisipasi dalam tindakan rasis dan berpikir (Lustig dan Koester, 2003: 157).


    •  15.1 : Teori Rasisme Page
      Restricted Not available unless: The activity Pre Test Topik 15 is marked complete
    •  15.3 : Klasifikasi Ras Page
      Restricted Not available unless: The activity 15.2 : Munculnya Rasisme is marked complete
    •  15.4 : Bentuk Rasisme Page
      Restricted Not available unless: The activity 15.3 : Klasifikasi Ras is marked complete
    •  15.5 : Diskriminasi Rasial Page
      Restricted Not available unless: The activity 15.4 : Bentuk Rasisme is marked complete
    •  15.6 Rangkuman topik 15 Page
      Restricted Not available unless: The activity 15.5 : Diskriminasi Rasial is marked complete
    •  Forum tanya jawab topik 15
      Restricted Not available unless: The activity 15.6 Rangkuman topik 15 is marked complete
    •  Post Test Topik 15 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity 15.6 Rangkuman topik 15 is marked complete
  • Topik 16-UAS

    Pelaksanaan UAS antara tgl 22-29 Januari 2024. Ujian Akhir Semester (UAS),  yang bertujuan untuk menguji pemahaman anda selama pembelajaran MK Multikulturalisme.  Jumlah soal 30 dengan waktu 40 menit, artinya anda membutuhkan kecepatan dan ketelitian dalam membaca dan menjawab soal. Ujian ini bersifat tertutup, dalam artian bhw anda tidak dibenarkan melihat/ membuka catatan yang ada kaitannya dengan materi multikulturalisme ini. 

    Perlu anda ketahui bahwa nilai UAS juga memberikan konstribusi yang besar untuk kelulusan anda. So, fokus dan pastikan signal internetnya bagus dan paket datanya cukup untuk mengikuti UAS ini.

    Pesan dari kami, SEMUA ORANG SANGAT MENGHARAPKAN NILAI TERBAIK, dan KEJUJURAN ADALAH SALAH SATU NILAI TERBAIK YANG DIMILIKI MANUSIA. so KERJAKANLAH SOAL YANG KAMI BERIKAN DENGAN KEJUJURAN YANG ANDA MILIKI..

    Tetap semangatttt & good luck

     

    •  Ujian Akhir Semester Quiz
      Restricted Not available unless any of:
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi C
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi D
      • You belong to PMK Semester 1 Malam A
      • You belong to PMK Semester 1 Malam B
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi B
      • You belong to PMK Semester 1 Pagi A
  • Topik 17 Ujian Remedial

    Restricted Not available unless: You belong to (Missing group)