1.1-Silabus
SILABUS MATA KULIAH
A. Identitas Mata Kuliah
1. Mata Kuliah : MULTIKULTURALISME
2. Semester : 1 Pagi/ Malam
3. Bobot/ Kode : 2 SKS/ MKT 112
4. Fakultas : Psikologi
B. Deskripsi Mata Kuliah
Multikulturalisme seringkali digunakan dalam makna normatif, yang merujuk pada suatu ideologi dengan nilai positif keberagaman kultur yang melekat, mengingatkan adanya kesetaraan antar kelompok kultur serta menuntut negara untuk mendukung keberagaman itu dengan berbagai jalan.
Dalam matakuliah ini nantinya akan dibahas mengenai bagaimana keberagaman yang kita miliki menjadi sebuah cara untuk menyatukan kita agar adanya kedamaian dalam berhubungan sosial di masyarakat.
C. Tujuan Perkuliahan
Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana keberagaman yang kita miliki menjadi sebuah cara untuk menyatukan kita agar adanya kedamaian dalam berhubungan sosial di masyarakat dan kaitannya dengan ilmu psikologi.
D. Kompetensi Umum
Setelah mengikuti perkuliahan multikulturalisme ini, mahasiswa diharapkan mampu: mengetahui bagaimana keberagaman yang terjadi di Indonesia, baik dalam hal agama, suku, budaya, gender serta kaitannya dengan aplikasinya dalam ilmu psikologi.
E. Materi Pertemuan Kuliah
1. Pengantar Multikulturalisme
a. Pendidikan Multikulturalisme
b. Pendidikan dan Multikulturalisme
c. Dasar Pendidikan Multikulturalisme
2. Pendidikan Multikulturalisme
a. Pengertian Pendidikan Multikultural
b. Elemen penting dalam Pendidikan Muktikultural
c. Tujuan Pendidikan Multikulturalisme
3. Multikulturalisme
a. Apa itu multikulturalisme
b. Jenis Multikulturalisme
c. Masyarakat Multikulturalis
4. Psikologi & Multikulturalisme
5. Multikuralisme & Media
a. Industry pertelevisian dan perfilman
b. Media massa (Koran, Majalah)
c. Peran media dalam mengenalkan mutikulturalisme
6. Multikulturalisme dalam jurnal/ penelitian
a. Belajar dari jurnal dan penelitian
b. Manfaat penelitian dalam multkulturalisme
7. Kebudayaan dan Pembentukan Identitas Diri (1)
a. Defenisi kebudayaan
b. Unsur kebudayaan (meliputi: Bahasa, kepercayaan, norma dan sanksi, kesenian, pengetahuan dan teknologi, nilai, symbol)
c. Lapisan kebudayaan
d. Kebudayaan sebagai identitas diri
e. Keaneka ragaman budaya dan nilai bersama
8. Integrasi
a. Akomodasi
b. Asimilasi
c. Akulturasi
9. Konsep Multikulturalisme
a. Prasangka
b. Stereotype
c. Etnosentrisme
d. Akulturasi dalam komunikasi multikultur
10. Rasisme dan Diskriminasi
a. Rasisme
b. Diskriminasi
F. Metode Penyampaian
WAG, Spada dan virtual meeting (zoom meeting/ google meet)
G. Evaluasi
Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui: ujian tertulis
H. Daftar Pustaka
Blum, L. 2001. Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar Ras, Tiga Nilai Yang bersifat Mendidik Bagi Sebuah Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ibrahim, R. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013.
Ujan, AA., Molan, B., Nugroho, St., Djoko, FX. W & Putranto, H. 2009. Multikulturalisme-Belajar hidup bersama dalam perbedaan. Jakarta: Indeks
Maksum, A. & Ruhendi, L.Y. 2004. Paradigma pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modernisme. Yogyakarta: IRCiSod.
Muhadjir, N. 2013. Psikologi Positif-Permodelan the high talented for normal people. Yogyakarta: Rake Sarasin
Skeel, D.J. 1995. Elementary Social Studies: Challenge for Tomorrow’s World. New York: Harcount Brce College Publishers.
Sukmono, F.G & Junaedi, F. 2015. Komunikasi multikultur-melihat multikulturalisme dalam genggaman media
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo
Vadis, M.Q. 2007. Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.
Yaqin, A.M. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Medan, 19 September 2023
Tim Pengampu Matakuliah Multikulturalisme
Bernard Ndruru, S.Fil., M.Psi.
Valdesz Nainggolan, M.Psi