1.2. Pengertian Persaingan Usaha
Persaingan bisnis
merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang sama-sama berusaha ingin
mendapat keuntungan, pangsa pasar, serta jumlah penjualan yang tinggi.
Persaingan bisnis ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam berbisnis pelaku
bisnis termasuk pelaku bisnis online. Secara etiologi, persaingan
berasal dari bahasa Inggris yaitu competition yang berarti persaingan atau kegiatan bersaing, pertandingan, kompetisi.
Dalam kamus manajemen, persaingan adalah usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang masing-masing berusaha mendapatkan pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling
menguntungkan. Persaingan usaha tersebut bisa berupa pemotongan harga,
iklan/promosi, variasi dan kualitas, kemasan, desain dan segmentasi pasar. Dalam ekonomi, persaingan atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha
mendapatkan keuntungan, pangsa pasar dan jumlah penjualan.
Biasanya, para penjual berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan
harga, produk, distribusi dan promosi.
Menurut Adam Smith dalam The Wealth
of Nations (1776), persaingan akan mendorong alokasi faktor produksi ke arah
penggunaan yang paling bernilai tinggi dan efisien. Proses tersebut sering
disebut tangan tak terlihat (invisible hand). Dalam teori
mikro ekonomi, persaingan dalam suatu pasar dibedakan menjadi persaingan
sempurna dan persaingan tidak sempurna. Pasar yang tidak memiliki persaingan disebut monopoli. Adanya persaingan menyebabkan perusahaan komersial untuk mengembangkan produk, teknologi dan jasa, sehingga menyebabkan lebih banyak pilihan, menghasilkan produk yang
lebih baik dan
harga yang lebih rendah.
Menurut Andini dan Aditiya
(2002), pengertian persaingan adalah usaha untuk memperhatikan
keunggulan masing-masing yang di lakukan perseorangan atau badan hukum dalam bidang perdagangan, produksi, dan
pertahanan. Sedangkanenurut Marbun (2003), pengertian usaha adalah kegiatan yang dilakukan secara terorganisasi dan terarah untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan secara tetap, baik yang dilakukan
secara individu maupun kelompok.
Pengertian persaingan usaha atau bisnis
menurut Marbun (2003) adalah usaha dari dua pihak/lebih perusahaan yang masing-masing bergiat memperoleh pesanan dengan menawarkan harga/syarat yang paling menguntungkan. Persaingan adalah ketika organisasi atau perorangan berlomba
untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti konsumen, pangsa
pasar,peringkat survei, atau sumber daya yang dibutuhkan. Persaingan usaha
dilakukan untuk merebut hati konsumen. Para pelaku usaha berusaha menawarkan produk dan jasa yang menarik, baik dari
segi harga, kualitas dan pelayanan. Kombinasi ketiga faktor tersebut
untuk memenangkan
persaingan merebut hati para konsumen dapat diperoleh melalui inovasi, penerapan teknologi yang tepat, serta kemampuan manajerial untuk mengarahkan sumber daya perusahaan dalam memenangkan
persaingan. Pelaku usaha jarang sekali hanya berdiri sendiri dalam
menjual ke suatu pasar pelanggan tertentu. Perusahaan bersaing dengan sejumlah
pesaing.
Pesaing - pesaing ini harus diidentifikasi, dimonitori dan disiasati untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Jika terjadi proses persaingan antara para pelaku usaha, maka mereka akan berupaya mencapai tujuannya dengan saling mengungguli dalam mendapatkan konsumen dan pangsa pasar.