Pengumuman

 
Pengumuman
Friday, 20 November 2020, 3:55 PM

Tujuan Pembelajaran
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. 

Capaian Pembelajaran

  1. Ketepatan dalam menyimpulkan Penerapan konsep dasar dan pendekatan epidemiolog
  2. Ketepatan dalam menghitung Kalkulasi ukuran epidemiologi
  3. Ketepatan dalam menguraikan risiko pajanan; rate, risiko, potensi impak
  4. Ketepatan dalam menguraikan dan membedakan Deskripsi masalah kesmas menurut magnitud/besaran, orang, waktu, tempat (Studi Epidemiologi Deskriptif
  5. Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Cross Sectional
  6. Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Case Control 
  7. Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Cohort
  8. Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Intervensi : Quasi Experiment
  9. Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Intervensi : true Experiment
  10. Ketepatan dalam menganalisis Confounding dan Interaksi
  11. Ketepatan dalam menguraikan Aplikasi Epidemiologi ( Knowledge Manj Data Menjadi Informasi Sebagi Evidence Base Polices)
  12. Ketepatan dalam menganalisis Kejadian Luar Biasa


Metode Pembelajaran

Adapun metode pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk setiap pertemuan mata kuliah ini adalah:

  1. Pelaksanaan pre-test selama 15 menit
  2. Mahasiswa membaca materi perkuliahan/ mengikuti perkuliahan melalui Zoom atau Google Meet selama 40 menit
  3. Mahasiswa mengikuti diskusi melalui SPADA selama 20 menit
  4. Pelaksanaan post-test selama 30 menit, dengan percobaan 5 kali dan dengan waktu 15 menit/percobaan


Referensi Buku Ajar

Adapun referensi buku ajar untuk mata kuliah ini adalah :

  1. Bonita R et all; 2006; Basic Epidemiology

  2. David G, Kleinbam, Lawrence L.Kupper, Hal Morgenstern; Epidemiologic Research, Principles and Quantitative Methods

  3. Norman Vetter; Ian Matthews, 1999; Epidemiology and Public Health

  4. Rothman KJ, Greenland S; Modern Epidemiologi