Tujuan Pembelajaran
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
Capaian Pembelajaran
- Ketepatan dalam menyimpulkan Penerapan konsep dasar dan pendekatan epidemiolog
- Ketepatan dalam menghitung Kalkulasi ukuran epidemiologi
- Ketepatan dalam menguraikan risiko pajanan; rate, risiko, potensi impak
- Ketepatan dalam menguraikan dan membedakan Deskripsi masalah kesmas menurut magnitud/besaran, orang, waktu, tempat (Studi Epidemiologi Deskriptif
- Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Cross Sectional
- Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Case Control
- Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Epidemiologi analitik : Cohort
- Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Intervensi : Quasi Experiment
- Ketepatan dalam menyimpulkan dan membahas Desain Studi Intervensi : true Experiment
- Ketepatan dalam menganalisis Confounding dan Interaksi
- Ketepatan dalam menguraikan Aplikasi Epidemiologi ( Knowledge Manj Data Menjadi Informasi Sebagi Evidence Base Polices)
- Ketepatan dalam menganalisis Kejadian Luar Biasa
Metode Pembelajaran
Adapun metode pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk setiap pertemuan mata kuliah ini adalah:
- Pelaksanaan pre-test selama 15 menit
- Mahasiswa membaca materi perkuliahan/ mengikuti perkuliahan melalui Zoom atau Google Meet selama 40 menit
- Mahasiswa mengikuti diskusi melalui SPADA selama 20 menit
- Pelaksanaan post-test selama 30 menit, dengan percobaan 5 kali dan dengan waktu 15 menit/percobaan
Adapun referensi buku ajar untuk mata kuliah ini adalah :
Bonita R et all; 2006; Basic Epidemiology
David G, Kleinbam, Lawrence L.Kupper, Hal Morgenstern; Epidemiologic Research, Principles and Quantitative Methods
Norman Vetter; Ian Matthews, 1999; Epidemiology and Public Health
Rothman KJ, Greenland S; Modern Epidemiologi