3.2. Tugas Customer Service

Menurut Kasmir (2005), tugas customer service adalah :

Receptionis. Artinya customer service sebagai penerima tamu atau nasabah yang datang ke perusahaan dengan ramah, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus bersikap memberi perhatian, berbicara dengan suara lembut dan jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Deskmen. Artinya customer service sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan pelanggan atau calon pelanggan. Untuk memberikan informasi mengenai produk, manfaat, lalu menjawab pertanyaan mengenai produk baru serta membantu pelanggan mengisi formulir aplikasinya.

Salesman. Artinya, customer service sebagai orang yang menjual produk sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari pelanggan.

Customer service relation officer. Artinya customer service merupakan orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan.

Comunikator. Artinya customer service sebagai orang yang menghubungi pelanggan dan memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan antara perusahaan.


Last modified: Monday, 3 October 2022, 12:22 AM