4. 1. Pengertian Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif.

                                                                                                                      TEORI PEMBELAJARAN PROF. DR. H. MANSUR, M.Ag. EXIT. - ppt download

         Brunner  diakui  oleh  kalangan  instructional  theorist  sebagai  peletak  dasar pengembang  teori-teori  pembelajaran,  disamping  Skinner  dan  Ausubel.  Brunner membuat perbedaan antara teori belajar dan teori  pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif,    sedangkan    teori    pembelajaran    adalah    preskriptif.    Teori    belajar mendeskripsikan  adanya  proses  belajar  teori  pembelajaran  mendeskripsikan  strategi atau metode pembelajaran yang optimal yang dapat mempermudah proses belajar.

        Untuk membedakan adanya teori belajar dan teori pembelajaran, bisa diamati dari  posisional  teorinya,  apakah  berada  pada  tatanan  teori  deskriptif  atau  prespektif. Brunner mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah prespektif dan teori belajar adalah   deskriptif.   Prespektif   karena   tujuan   utama   teori   pembelajaran   adalah menerapkan  metode pembelajaran  yang  optimal,  sedangkan  teori  belajar  bersifat deskriptif karena tujuan  utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar  menaruh  perhatian  pada  hubungan  antara  variabel-variabel  yang  menentukan hasil  belajar.  Sedangkan,  teori  pembelajaran  sebaliknya,  teori  ini  menaruh  perhatian pada  bagaimana  seseorang  memengaruhi  orang  lain  agar  terjadi  proses  belajar. Dengan  kata  lain,  teori  pembelajaran  berurusan  dengan  upaya  mengontrol  variabel yang dispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.

          Asri  Budiningsih  dalam  buku  belajar  dan  pembelajaran  menjelaskan  bahwa upaya  Brunner  untuk  membedakan  antara teori  belajar  yang  deskriptif  dan  teori pembelajaran  yang  prespektif  dikembangkan  lebih  lanjut  oleh  Reigeluth.  Teori  dan prinsip-prinsip  pembelajaran  yang  deskriptif  menempatkan  variabel  bebas  dan  hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung.

             Reigeluth mengemukakan bahwa teori preskriptif adalah goal oriented (untuk mencapai  tujuan),  sedangkan    teori  deskriptif  adalah  goal  free  (untuk  memberikan hasil).  Maksudnya  adalah  bahwa  teori  pembelajaran  prespektif  dimaksudkan  untuk mencapai  tujuan,  sedangkan  teori  belajar  deskriptif  dimaksudkan  untuk  memberikan hasil.  Itulah  sebabnya,  variabel  yang  diamati  dalam  mengembangkan teori  belajar yang  prespektif adalah  metode  yang  optimal  untuk  mencapai  tujuan,  sedangkan dalam  pengembangan  teori pembelajaran  deskriptif,  variabel  yang  diamati  adalah hasil belajar sebagai akibat dari interaksi antara metode dan kondisi.

             Teori  pembelajaran  mengungkapkan  hubungan  antara  kegiatan  pembelajaran dan  proses  psikologis  dalam  diri  siswa,  sedangkan  teori  belajar  megungkapkan hubungan  antara  kegiatan  siswa  dan  proses  psikologis  dalam  diri  siswa.  Teori pembelajaran  harus  memasukkan  variabel  metode pembelajaran.  Bila  tidak,  teori  itu bukanlah  teori  pembelajaran.  Hal  ini  penting  sebab  banyak  yang  terjadi  apa  yang dianggap  sebagai  teori  pembelajaran  yang  sebenarnya  adalah  teori  belajar.  Teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran sedangkan teori belajar sama sekali tidak berhubungan dengan terori pembelajaran.

Last modified: Wednesday, 26 October 2022, 6:50 PM