×
Sorry, this activity is currently hidden
Topic outline General
Mampu memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran. Mampu memahami
secara baik konsep teori belajar Mampu memahami teori
belajar deskriptif dan preskriptif Mampu memahami teori
belajar behavioristik Mampu memahami teori
belajar kognitivistik Mampu memahami teori
belajar konstruksivistik Mampu memahami teori
belajar bermakna Ausubel Mampu memahami teori belajar penemuan Brunner Mampu memahami teori belajar humansitik
Mampu merancang pembelajaran sesuai dengan teori-teori belajar. Mampu mengembangkan pembelajaran sesuai prosedur teori belajar. Mampu mengembangkan pembelajaran bermakna. Mampu mengembangkan pembelajaran penemuan. Mampu mengembangkan pembelajaran koperatif . Mampu mengembangkan pembelajaran sibernetik. Mampu mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Topik 1: Pengantar MK Teori Belajar dan Pembelajaran.
1. 2. Pengertian Pembelajaran. Page
1. 3. Pengertian Teori Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 1. 2. Pengertian Pembelajaran. is marked complete
1. 4. Fungsi Teori Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 1. 3. Pengertian Teori Belajar. is marked complete
1. 5. Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif. Page
Restricted Not available unless: The activity 1. 4. Fungsi Teori Belajar. is marked complete
Topik 2: Konsep, Ciri, Jenis, Hasil dan Prinsip Belajar.
2. 1. Konsep Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 1. 5. Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif. is marked complete
2. 2. Ciri-Ciri Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 2. 1. Konsep Belajar. is marked complete
2. 3. Jenis-Jenis Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 2. 2. Ciri-Ciri Belajar. is marked complete
2. 4. Hasil Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 2. 3. Jenis-Jenis Belajar. is marked complete
2. 5. Prinsip-Prinsip Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 2. 4. Hasil Belajar. is marked complete
Bahan Presentasi Pengampu MK File
Restricted Not available unless: The activity 2. 5. Prinsip-Prinsip Belajar. is marked complete
Tugas Assignment
Restricted Not available unless: You belong to (Missing group)
Topik 3: Konsep Teori Belajar
3. 2. Teori Behaviorisme. Page
3. 2. a. Teori Behaviorisme 1: Koneksionisme/ Asosionis. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 2. Teori Behaviorisme. is marked complete
3. 2. b. Teori Behaviorisme 2: Pengkondisian Klasik. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 2. a. Teori Behaviorisme 1: Koneksionisme/ Asosionis. is marked complete
3. 2. c. Teori Behaviorisme 3: Pengkondisian Operant Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 2. b. Teori Behaviorisme 2: Pengkondisian Klasik. is marked complete
3. 2. d. Teori Behaviorisme 4: Pengembangan Kognitif Sosial. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 2. c. Teori Behaviorisme 3: Pengkondisian Operant is marked complete
3. 3. Teori Kognitivisme. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 2. d. Teori Behaviorisme 4: Pengembangan Kognitif Sosial. is marked complete
3. 3. a. Teori Kognitivisme 1: Pengembangan Kognitif. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 3. Teori Kognitivisme. is marked complete
3. 3. b. Teori Kognitivisme 2: Pembelajaran Konstruksionisme. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 3. a. Teori Kognitivisme 1: Pengembangan Kognitif. is marked complete
3. 3. c. Teori Kognitivisme 3: Pembelajaran Penemuan. Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 3. b. Teori Kognitivisme 2: Pembelajaran Konstruksionisme. is marked complete
3. 3. d. Teori Kognitivisme 4: Pembelajaran Penerimaan, Pembelajaran Bermakna dan Pemahaman Awal (Advanced Organizer) Page
Restricted Not available unless: The activity 3. 3. c. Teori Kognitivisme 3: Pembelajaran Penemuan. is marked complete
Identifikasi Belajar dan Pembelajaran File
Restricted Not available unless: The activity 3. 3. d. Teori Kognitivisme 4: Pembelajaran Penerimaan, Pembelajaran Bermakna dan Pemahaman Awal (Advanced Organizer) is marked complete
Sebelum teori-teori belajar dikaji secara mendalam, maka perlu adanya identifikasi awal agar parameter dalam teori belajar dapat ditentukan secara tepat
Topik 4: Konsep Teori Deskriptif dan Preskriptif
4. 2. Perbedaan Teori Belajar Deskriptif dan Teori Belajar Preskriptif Page
4. 3. Perbedaan Peranan Ilmu Deskriptif dan Preskriptif Page
Restricted Not available unless: The activity 4. 2. Perbedaan Teori Belajar Deskriptif dan Teori Belajar Preskriptif is marked complete
4. 4. Tahapan Pengembangan Teori Pembelajaran Page
Restricted Not available unless: The activity 4. 3. Perbedaan Peranan Ilmu Deskriptif dan Preskriptif is marked complete
4. 5. Proposisi Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif Page
Restricted Not available unless: The activity 4. 4. Tahapan Pengembangan Teori Pembelajaran is marked complete
4. 6. Teori Belajar dan Pembelajaran Terkait Teori Belajar Deskriptif dan Prespektif Page
Restricted Not available unless: The activity 4. 5. Proposisi Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif is marked complete
Teori belajar dan pembelajaran perlu dieksplorasi melalui teori deskriptif dan preskriptif agar konsep yang digunakan oleh guru dalam mengajar relevan terhadap proses belajar, metode belajar dan hasil belajar.
Topik 5: Teori Belajar Behavioristik.
5. 2. Teori Belajar Menurut Edward Lee Thorndike (1874-1949). Page
5. 3. Teori Belajar Menurut John Broades Watson (1878-1958). Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 2. Teori Belajar Menurut Edward Lee Thorndike (1874-1949). is marked complete
5. 4. Teori Belajar Menurut Clark Leaonard Hull (1884-1952). Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 3. Teori Belajar Menurut John Broades Watson (1878-1958). is marked complete
5. 5. Teori Belajar Menurut Edwin Ray Guthrie (1886-1959). Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 4. Teori Belajar Menurut Clark Leaonard Hull (1884-1952). is marked complete
5. 6. Teori Belajar Menurut Burrhusm Frederic Skinner (1904-1990). Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 5. Teori Belajar Menurut Edwin Ray Guthrie (1886-1959). is marked complete
5. 7. Kritik Terhadap Teori Belajar Behavioristik. Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 6. Teori Belajar Menurut Burrhusm Frederic Skinner (1904-1990). is marked complete
5. 8. Aplikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran. Page
Restricted Not available unless: The activity 5. 7. Kritik Terhadap Teori Belajar Behavioristik. is marked complete
Topik 6: Teori Belajar Kognitif
6. 2. Teori Perkembangan Jean Piaget (1896-1980). Page
6. 3. Teori Belajar Menurut Jerome Bruner (1915-2016). Page
Restricted Not available unless: The activity 6. 2. Teori Perkembangan Jean Piaget (1896-1980). is marked complete
6. 4. Hasil Belajar menurut Gagne. Page
Restricted Not available unless: The activity 6. 3. Teori Belajar Menurut Jerome Bruner (1915-2016). is marked complete
6. 5. Aplikasi Teori Kognitif dalam Kegiatan Pembelajaran. Page
Restricted Not available unless: The activity 6. 4. Hasil Belajar menurut Gagne. is marked complete
Topik 7: Teori Belajar Konstruksivisme.
7. 2. Konstruksi Pengetahuan. Page
7. 4. Proses Belajar Menurut Teori Konstruktivisme. Page
Restricted Not available unless: The activity 7. 3. Konstruksi Pengetahuan Menurut Lev Vygotsky (1896-1934). is marked complete
7. 3. Konstruksi Pengetahuan Menurut Lev Vygotsky (1896-1934). Page
Restricted Not available unless: The activity 7. 2. Konstruksi Pengetahuan. is marked complete
7. 5. Perbandingan Pembelajaran Tradisional (Behaviorisme) dan Pembelajaran konstruktivisme. Page
Restricted Not available unless: The activity 7. 4. Proses Belajar Menurut Teori Konstruktivisme. is marked complete
TOPIK 8: UJIAN TENGAN SEMESTER
UTS SEMESTER 1 PAGI A (Perida Roma Asi Siahaan, S.Pd., M.Pd.) Quiz
Restricted Not available unless: You belong to Semester 1 Pagi A
Topik 9: Teori Belajar Penemuan Jerume Brunner (Discovery Learning).
9. 2. Tujuan Belajar Penemuan (Discovery Learning). Page
9. 3. Karakteristik Discovery Learning. Page
Restricted Not available unless: The activity 9. 2. Tujuan Belajar Penemuan (Discovery Learning). is marked complete
9. 4. Langkah-Langkah Discovery Learning. Page
Restricted Not available unless: The activity 9. 3. Karakteristik Discovery Learning. is marked complete
9. 5. Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning. Page
Restricted Not available unless: The activity 9. 4. Langkah-Langkah Discovery Learning. is marked complete
9. 6. Kesimpulan. Page
Restricted Not available unless: The activity 9. 5. Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning. is marked complete
Topik 10: Teori Belajar Bermakna David Paul Ausubel.
10. 2. Konsep Belajar Bermakna. Page
10. 3. Karakteristik Belajar Bermakna. Page
Restricted Not available unless: The activity 10. 2. Konsep Belajar Bermakna. is marked complete
10. 4. Langkah-Langkah Belajar Bermakna. Page
Restricted Not available unless: The activity 10. 3. Karakteristik Belajar Bermakna. is marked complete
10. 5. Penerapan Teori Belajar Bermakna. Page
Restricted Not available unless: The activity 10. 4. Langkah-Langkah Belajar Bermakna. is marked complete
10. 6. Diferensiasi Progresif dan Rekonsiliasi Integratif. Page
Restricted Not available unless: The activity 10. 5. Penerapan Teori Belajar Bermakna. is marked complete
KUIS PERTEMUAN 10 TEORI BEHAVIORISTIK Quiz
Restricted Not available unless: You belong to Semester 1 Pagi A
Topik 11: Teori Belajar Humanistik.
11. 2. Pandangan David A. Kolb terhadap Belajar. Page
11. 3. Pandangan Peter Honey dan Alan Mumford terhadap Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 11. 2. Pandangan David A. Kolb terhadap Belajar. is marked complete
11. 4. Pandangan Jurgen Habermas terhadap belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 11. 3. Pandangan Peter Honey dan Alan Mumford terhadap Belajar. is marked complete
11. 5. Pandangan Benjamin Samuel Bloom (1913-1999) dan David Krathwohl (1921-2016) terhadap Belajar. Page
Restricted Not available unless: The activity 11. 4. Pandangan Jurgen Habermas terhadap belajar. is marked complete
11. 6. Aplikasi Teori Belajar Humanistik. Page
Restricted Not available unless: The activity 11. 5. Pandangan Benjamin Samuel Bloom (1913-1999) dan David Krathwohl (1921-2016) terhadap Belajar. is marked complete
Topik 12: Teori Pembelajaran Kooperatif.
12. 2. Karakteristik Pembelajaran Kooperatif. Page
12. 3. Prinsip Pembelajaran Kooperatif. Page
Restricted Not available unless: The activity 12. 2. Karakteristik Pembelajaran Kooperatif. is marked complete
12. 4. Fase-fase dalam Pembelajaran Kooperatif. Page
Restricted Not available unless: The activity 12. 3. Prinsip Pembelajaran Kooperatif. is marked complete
Topik 13: Model-Model Pembelajaran Kooperatif.
13. 2. Pelaksanaan dan Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Page
13. 3. Pembelajaran Kooperatif Model Ivestigasi Kelompok (Group Investigation). Page
Restricted Not available unless: The activity 13. 2. Pelaksanaan dan Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD is marked complete
13. 4. Karakteristik Model Investigasi Kelompok. Page
Restricted Not available unless: The activity 13. 3. Pembelajaran Kooperatif Model Ivestigasi Kelompok (Group Investigation). is marked complete
13. 5. Tahapan Model Pembelajaran Investasi Kelompok. Page
Restricted Not available unless: The activity 13. 4. Karakteristik Model Investigasi Kelompok. is marked complete
Topik 14: Teori Belajar Sibernetik.
14. 2. Tokoh-Tokoh Teori Belajar Sibernetik. Page
14. 3. Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Sibernetik. Page
Restricted Not available unless: The activity 14. 2. Tokoh-Tokoh Teori Belajar Sibernetik. is marked complete
14. 4. Aplikasi Teori Sibernetik dalam Pembelajaran Page
Restricted Not available unless: The activity 14. 3. Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Sibernetik. is marked complete
Topik 15: Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran.
15. 2. Esensi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Page
15. 3. Tujuan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Page
Restricted Not available unless: The activity 15. 2. Esensi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran is marked complete
12. 4. Langkah – Langkah Pendekatan Saintifik Page
Restricted Not available unless: The activity 15. 3. Tujuan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik is marked complete
15. 5. Kesimpulan Page
Restricted Not available unless: The activity 12. 4. Langkah – Langkah Pendekatan Saintifik is marked complete
TOPIK 16: UJIAN AKHIR SEMESTER
UAS SEMESTER 1 PAGI A (Perida Roma Asi Siahaan, S.Pd., M.Pd.) Quiz
Restricted Not available unless: You belong to Semester 1 Pagi A
Hal-hal yang perlu diperhatikan
UAS dapat dikerjakan mulai pukul 10.30 s/d 13.30 dan silahkan memilih waktu pengerjaan di rentang waktu tersebut. UAS dikerjakan dalam waktu 1 jam