2.2. Pengertian Ms. Excel dan Fungsinya
Microsoft excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data. Aplikasi
ini sangat banyak dipakai diberbagai aspek pekerjaan, mulai dari melakukan perhitungan
sampai menampilkan grafik yang sangat dibutuhkan oleh instansi maupun perorangan.
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari
paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal
dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft
Office.
Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft
Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor
dewasa ini. Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh
Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam
aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya agresif dan
progresif.
Diantara semua aplikasi yang tergabung dalam Office Suite, Excel adalah aplikasi kedua
yang sering digunakan orang setelah Microsoft Word. Perkembangan Microsoft Excel
mulai pesat saat dirilisnya versi 5.0 pada tahun 1993. Pada masa itu, program ini paling
dominan digunakan dibandingkan yang lainnya. Program yang bisa dijalankan pada
platform Mac OS dan Windows ini merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office
5.0 waktu itu. Sedangkan versi yang terakhir saat ini adalah Microsoft Office 2010 yang
merupakan bagian dari Microsoft Office Suite 2010 yang tentu saja rilis di tahun yang
sesuai dengan namanya, yakni tahun 2010.
Microsoft Excel digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan Microsoft Excel adalah sebagai berikut :
1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
2. Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
3. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
4. Melakukan analisis dan riset harga.
5. Melakukan perhitungan statistika.
6. Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
7. Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
8. Konversi mata uang.
9. Membuat grafik persamaan matematika.
10. Membuat program Excel dengan Visual Basic.
11. Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
12. Sarana pembelajaran komputer dan logika.