12. 2. Peran Seketaris dalam Hubungan Kerjasama dan Win Win Partnership

Sekretaris harus mampu menciptakan hubungan kerjasama yang sukses dalam jangka panjang dengan atasan, relasi dan lingkungan kerja dengan optimal untuk dapat bekerja secara efektif bersama-sama untuk membangun win-win partnership"

Hubungan interpersonal merupakan bagian terpenting dalam bekerja. Meski dalam beberapa tempat, orang menyepelekan soal satu ini. Hubungan dengan orang-orang di lingkungan kerja tak kalah penting dalam mendongkrak karier. Berikut ini pihak-pihak yang harus kita jaga dalam dunia kerja.


A.PIMPINAN

Seorang pemimpin akan sangat tertolong dengan keberadaan sekretaris yang bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan benar. Salah satu kesulitan dalam membangun hubungan baik terlebih kepada Atasan adalah memahami gaya komunikasi mereka. Percaya atau tidak, kesuksesan dan perkembangan karier anda banyak tergantung pada atasan, karena atasan yang berperan dalam menilai performance, attitudekita dalam bekerja, terkait juga dengan kenaikan gaji atau kenaikan pangkat serta memberikan kita kepercayaan dalam menjalankan pekerjaan. 

Peran sekretaris sendiri adalah paling tidak bersiaplah untuk menawarkan beberapa saran untuk memperbaiki masalah dan kesalahan. Menawarkan solusi akan menunjukkan bahwa anda telah memikirkan situasi, dan ide anda dapat menghasilkan solusi yang lebih baik untuk atasan anda. 


B.RELASI

Salah satu ciri khas sekretaris profesional adalah sekretaris yang mampu membuka diri dan membina suatu hubungan baik dengan pimpinan, rekan kerja atau dengan relasi perusahaan. Oleh karena itu seorang sekretaris dituntut selalu berpenampilan, bersikap, dan berperilaku yang sesuai etika dan etiket serta mampu memposisikan diri dalam berbagai situasi. Hal ini perlu, tidak hanya demi harga diri juga untuk manjaga hubungan baik dengan mereka. Tidak menutup kemungkinan relasi dari perusahaan tidak hanya dari organisasi atau perusahaan lokal saja, tetapi juga perusahaan mancanegara, untuk itu seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik selain menguasai bahasa Indonesia dengan baik juga harus menguasai kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris, sehingga dapat berkomunikasi dengan tamu-tamu tingkat eksekutif, dan mampu membantu pimpinan dalam bernegosiasi ataupun menggantikan pimpinan saat pimpinan tidak berada ditempat. Ini akan menguntungkan perusahaan karena notabene sekretaris yang menjadi cerminan dari pimpinan dan menjadi jembatan antara pimpinan dengan banyak pihak dan juga bawahan di perusahaan, dan mampu menjalin komunikasi dengan para relasi.


C.LINGKUNGAN KERJA

Sekretaris perlu mengetahui beberapa sikap etis (santun) dalam berhubungan kerja di kantor yaitu, Membina hubungan baik dengan lingkungan kerja, Membangun kepercayaan, yaitu dengan selalu bersikap baik, tutur sapa, sopan dan santun, berperilaku yang baik/simpati sehingga pihak lain akan mempunyai penilaian tersendiri.

Dalam hubungan yang efektif, pihak-pihak saling memahami posisi dan perasaan masing-masing. Cara paling mudah untuk memahami orang lain adalah mengerti apa hal-hal yang penting bagi orang lain itu. Membangun hubungan baik tidak hanya untuk jangka pendek saja, perlu diketahui hubungan yang berkualitas bagus membuat setiap orang bahagia, sehingga bisa menjadikan seseorang tersebut bekerja dengan senang, tenang dan menikmati apa yang dikerjakan. Dengan demikian akan menghasilkan pekerjaan yang efektif dan memuaskan.


Last modified: Tuesday, 11 June 2024, 12:50 PM