Pokok Topik Kursus

  • Manajemen Operasional

    Apa yang dimaksud dengan Manajemen Operasi? - Manajemen - Dictio Community

    Mata kuliah ini mempelajari aktivitas yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas pada bidang manufaktur dan jasa. Menjelaskan penggunaan Manajemen Operasional Lanjutan secara realistis dan praktis di dalam setiap proses opersional perusahaan yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

    Dosen Pengampu Mata Kuliah :

    1. Lenta Friska Purba S.Kom MM

    2. Juliandri Raka Putra SE, MM

    3. Habib Hakim, S.E., M.M.


    Metode Pembelajaran:

    Setiap pertemuan mengikuti ketentuan komponen dan pembagian waktu di bagian general, yaitu:

    1. Pelaksanaan pre test (kuis pembuka) selama 10% dari durasi waktu perkuliahan

    2. Pembacaan materi page content selama 40% dari durasi waktu perkuliahan

    3. Pelaksanaan video conference selama 30% dari durasi waktu perkuliahan

    4. Pelaksanaan post test (kuis akhir) selama 20% dari durasi waktu perkuliahan


    Daftar Pustaka / Referensi :

    Gaspersz, Vincent. (2008). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

    Heizer, Jay. (2011). Operations Management, Tenth Edition. United Kingdom :Pearson Education, Inc.

    Makridakis. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan. Jakarta: Binarupa Aksara

    Nasution. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia

    Slack, Nigel. (2013). Operations Mangement, Seventh Edition. United Kingdom :Pearson Education, Inc.

    Zulian Yamit, 2005 Manajemen Qualitas Produk Dan Jasa Yogyakarta Ekonisia


  • Topik 1 Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

    Pengertian Manajemen Operasional Beserta Ruang Lingkup dan Fungsi

    Manajemen operasional secara umum memegang peranan soal isu strategis dalam menentukan rencana produksi (manufacturing) juga metode manajemen proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. mengetahui pengertian, fungsi dan ruang lingkup manajemen operasional

    2. mengetahui peran manajer operasional

    3. mengetahui hubungan manajemen operasional dengan supply chain


  • Topik 2 Supply Chain Management

    10 Strategi Meningkatkan Pengelolaan Rantai Pasokan (Supply Chain Management)  - IPQI

    Supply Chain Management (manajemen rantai pasokan) merupakan sebuah metode atau alat untuk mengelola suatu rantai pasokan produk dari hulu ke hilir.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. Mampu Menjelaskan  Supply Chain Management.

    2. Mampu Menjelaskan  Elemen dalam Supply Chain Management

    3. Mampu Menjelaskan Aktivitas Distribusi

    4. Mampu Menjelaskan Fungsi-Fungsi Supply Chain Management

    5. Mampu Menjelaskan Kunci Keberhasilan Supply Chain Management

    6. Mampu Menjelaskan Strategi-strategi Supply Chain Management


  • Topik 3. Manajemen Operasi dalam E-Business Environment

    Manajemen Operasional Terdiri dari Produksi Distribusi dan Logistik

    Operasi merupakan salah satu fungsi dari bisnis disamping financial, marketing, maupun personalia. Operation tidak dapat berdiri sendiri, melaikan harus selalu berhubungan dengan fungsi-fungsi lainnya. Setiap perusahaan memiliki fungsi operasi, maka manajemen operasi berfungsi untuk memanage fungsi opersi dalam suatu organisasi. Pada awalnya manajemen opersi lebih banyak menfokuskan pada opersi perusahaan manufaktur, sehingga dikenal dengan istilah “Manajemen Produksi”. Seiring dengan perkembangan sector jasa yang begitu pesat, maka manajemen operasi juga menfokuskan pembahasan pada operasi jasa. Dengan demikian lebih tepatlah kiranya kita mempelajari ”Manajemen Produksi/Operasi”. Manajemen operasi terdiri dari dua kata yaitu manajemen dan operasi. Operasi merupakan kegiatan mentrans formasikan input menjadi output. Dengan demikian manajemen opersi merupakan kegiatan untuk mengatur/mengelola secara optimal/manajemen pengolahan sumber daya dalam proses transformasi input menjadi output.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1.  Menjelaskan pengertian E-Business

    2.  Menjelaskan contoh penerapan E-Business

    3.  Menjelaskan cara promosi pengembangan bisnis

    4.  Menjelaskan tahapan evolusi E-Busines


  • Topik 4. Strategi Operasi dan Pengambilan Keputusan

    Strategi Operasi: Menetapkan Arah & Daya Dorong untuk Pengambilan Keputusan

    Operasi bisnis seharusnya tidak hanya sebagai tempat untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan, tetapi juga harus memberikan kekuatan kompetitif pada suatu bisnis. Berbicara mengenai pandangan global strategi operasi, maka disini kami membahas ada enam alasan mengapa operasi bisnis domestik beralih ke operasi bisnis Internasional, faktornya antara lain: Mengurangi biaya (upah, pajak, dll), Memperbaiki rantai pasokan, Menghasilkan pelayanan dan produk yang lebih baik, Memahami pasar, Belajar untuk memperbaiki operasi, Mendapatkan dan mempertahankan bakat global. Selanjutnya kami membahas terlebih dahulu mengenai pengertian, keputusan strategi Manajemen Operasi, strategi perusahaan.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1.  Menjelaskan Konsep Dasar Strategi Operasi

    2.  Menjelaskan Perumusan Strategi: Analisis Situasi dan Strategi Perusahaan

    3.  Menjelaskan Proses Umum Perumusan Strategi Bisnis dan Strategi Fungsional Tambahan

    4.  Menjelaskan Komponen Strategi Operasi

    5.  Menjelaskan Perumusan strategi operasi

    6.  Menjelaskan Keputusan strategis manajemen operasi

    7.  Menjelaskan Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

  • Topik 5 Desain Produk dan Jasa

    BAB 5 Desain Produk dan Jasa - ppt download

    Setiap barang dan jasa yang masuk dalam fase perkenalan, dapat didefinisikan, yaitu berdasarkan fungsinya, untuk apa produk atau jasa itu digunakan. Perusahaan mendesain suatu produk dengan tujuan bagaimana meningkatkan fungsi-fungsinya. Selanjutnya definisi suatu produk dilihat dari aspek desain seperti warna, bentuk dan ukurannya yang dapat diterima oleh pasar. Gambaran teknis (engineering drawing) merupakan dimensi dan toleransi atas bahan baku yang dibeli, atau bahan baku yang diproduksi yang dapat dipergunakan sebagai komponen didalam proses produksi. Gambaran ini merupakan standar kualitas atau mutu bahan baku yang menjadi komponen yang akan dipakai dalam proses produksi.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1.  Menjelaskan Pengertian Desain produk dan Jasa

    2.  Menjelaskan Faktor-faktor  yang mempengaruhi dalam mendesain  Produk dan Jasa

    3.  Menjelaskan Aktivitas Aktivitas Desain Produk Dan Jasa

    4.  Menjelaskan Tujuan desain Produk  dan jasa

    5.  Menjelaskan Pelaksanaan Desain Produk Dan Jasa

    6.  Menjelaskan Tantangan Dalam Desain produk dan Jasa

  • Topik 6 Peramalan Dalam Manajemen Operasional

    forecasting

    Kegiatan peramalan merupakan bagian integral dari pengambilan keputusan manajemen. Peramalan mengurangi ketergantungan pada hal-hal yang belum pasti (intuitif). Peramalan memiliki sifat saling ketergantungan antar divisi atau bagian. Kesalahan dalam proyeksi penjualan akan mempengaruhi pada ramalan anggaran, pengeluaran operasi, arus kas, persediaan, dan sebagainya.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1.  Memahami definisi dan Fungsi Peramalan

    2.  Memahami Jenis-Jenis Peramalan

    3.  Memahami Perbedaan Peramalan dengan Perencanaan

    4.  Memahami Perbedaan Peramalan dan Prediksi

    5.  Memahami Metode Kuantitatif

    6.  Memahami Peramalan Menggunakan Metode Regresi

    7.  Memahami Pola Data Yang Ada Di Lapangan

  • Topik 7 Peramalan Dalam Manajemen Operasional (Lanjutan)

    What is Forecasting? Types of Forecasting Methods - XenonStack

    Metode peramalan kualitatif ini sifatnya lebih subjektif dibandingkan dengan kuantitatif. Hal ini karena metode peramalan kualitatif dipengaruhi oleh emosi, pendidikan, intuisi, pengalaman si peramalan sehingga hasil setiap orang akan berbeda. Meskipun begitu metode kualitatif mendekati tingkat akurasi data aktual jika dibandingkan dengan metode lain.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1.  Memahami Metode Kualitatif

    2.  Memahami dan Memantau Ramalan

    3.  Memahami Prosedur Ramalan

    4.  Melakukan Peramalan

    •  7.2. Memantau Ramalan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1. Metode Kualitatif ditandai selesai
    •  7.3. Prosedur Ramalan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2. Memantau Ramalan ditandai selesai
    •  7.4. Melakukan Peramalan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3. Prosedur Ramalan ditandai selesai
    •  7.6. Kesimpulan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5. Metode Peramalan Lainnya ditandai selesai
    •  Post Test Topik 7 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.6. Kesimpulan ditandai selesai
  • Topik 8. Ujian Tengah Semester

    •  UTS Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali:
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - B
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - C
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- B
      • Anda termasuk Semester 3 MSDM SORE - A
      • Anda termasuk Semester 3 MSDM SORE - B
  • Topik 9. Strategi Pemilihan Lokasi

    STRATEGI LOKASI - MANAJEMEN OPERASIONAL-. - ppt download

    Lokasi harus memiliki atau memberikan pilihan-pilihan yang menguntungkan dari sejumlah akses yang ada. Semakin strategis suatu lokasi suatu tempat kedudukan perusahaan, berarti akan semakin besar peluang keuntungan yang akan diperoleh. Dengan demikian, tujuan penentuan lokasi suatu tempat kedudukan perusahaan yaitu untuk memperbesar keuntungan dengan menekan biaya produksi dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Selain itu lokasi juga dapat memengaruhi biaya pajak, upah, biaya bahan baku, dan sewa.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu: 

    1. Menjelaskan Lokasi Perusahaan

    2. Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi

    3. Menjelaskan Metode Evaluasi Alternatif Lokasi

    4. Menjelaskan Analisis Titik-Impas Lokasi

    5. Menjelaskan Strategi Lokasi Pelayanan Jasa

    •  9.2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN LOKASI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1. Lokasi Perusahaan ditandai selesai
    •  9.3. METODE EVALUASI ALTERNATIF LOKASI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN LOKASI ditandai selesai
    •  9.4. Analisis Titik-Impas Lokasi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3. METODE EVALUASI ALTERNATIF LOKASI ditandai selesai
    •  9.5. STRATEGI LOKASI PELAYANAN JASA Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4. Analisis Titik-Impas Lokasi ditandai selesai
  • Topik 10. Strategi Barang dan Jasa

    Perbedaan Barang dan Jasa (Goods and Services)


    Dalam situasi dan kondisi yang terus berkembang, makabanyak perusahaan membuat keputusan untuk mengambangkan bisnis ke dunia internasional. Kegiatan operasi hendaknya bukan sekedar menghasilkan barang dan jasa tetapi juga memberikan kekuatan kompetitif bagi bisnis. Pencapaian keunggulan kompetitif melalui perbaikan untuk kerja operasi membutuhkan tanggapan strategi dalam operasi. Untuk menajadi perusahaan yang kompetitif kita harus mengenal model-model strategi operasi

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu: 

    1. Menjelaskan Pengamatan Lingkungan

    2. Menjelaskan Perumusan Strategi

    3. Menjelaskan Implementasi Strategi

    4. Menjelaskan Evaluasi dan Pengendalian

    5. Menjelaskan Isu-isu Strategi Operasi

    •  10.2. Perumusan Strategi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.1. Pengamatan Lingkungan ditandai selesai
    •  10.3. Implementasi Strategi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.2. Perumusan Strategi ditandai selesai
    •  10.4. Evaluasi dan Pengendalian Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.3. Implementasi Strategi ditandai selesai
    •  10.5. ISU-ISU STRATEGI OPERASI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.4. Evaluasi dan Pengendalian ditandai selesai
  • Topik 11 Quality Management

    Apa itu TQM (Total Quality Management)? - Konsultan Bisnis


    Total quality management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, tenaga kerja, proses, dan lingkungannya.


    Salah satu tujuan TQM adalah memberikan kepuasan pelanggan. Mekanismenya memahami harapan pelanggan melalui tiga tingkatan, yaitu dimulai dengan menampung keluhan, analisis penjualan dan umpan balik dari konsumen, dan wawancara pribadi dengan konsumen. Kemudian dengan quality function development dan diterjemahkan melalui house of quality.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu: 

    1.  Menjelaskan pengertian kualitas, manajemen kualitas.

    2.  Menjelaskan pentingnya kualitas dan keuntungan menerapkan keunggulan kualitas bagi organisasi

    ·   Reputasi Perusahaan

    ·   Kehandalan Produk

    ·   Keterlibatan global

    3.  Menjelaskan dimensi dan Perspektif kualitas

    4.  Menjelaskan sejarah kualitas dan TQM

    5.  Menjelaskan konsep, prinsip, dan metode TQM

    6.  Menjelaskan hambatan Implementasi TQM Diindonesia


    •  11.2. Pentingnya Kualitas dan Keuntungan Menerapkan Keunggulan Kualitas Bagi Organisasi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.1. Definisi kualitas, Manajemen kualitas dan TQM ditandai selesai
    •  11.3. Dimensi dan Perspektif Kualitas Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2. Pentingnya Kualitas dan Keuntungan Menerapkan Keunggulan Kualitas Bagi Organisasi ditandai selesai
    •  11.4. Sejarah Kualitas dan TQM Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3. Dimensi dan Perspektif Kualitas ditandai selesai
    •  11.5. Konsep, Prinsip, dan Metode TQM Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4. Sejarah Kualitas dan TQM ditandai selesai
    •  11.6. Hambatan Implementasi TQM di Indonesia Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5. Konsep, Prinsip, dan Metode TQM ditandai selesai
  • TOPIK 12 PERUBAHAN DALAM ORGANISASI

    Mengelola Perubahan dalam Suatu Organisasi

          Perubahan tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia. Dimulai dari dunia usaha yang lebih dulu menyadari pentingnya perubahan bagi peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan. Perubahan memang selalu terjadi dan pasti akan terus terjadi. Pimpinan organisasi baik organisasi pemerintahan maupun organisasi non-pemerintahan disamping harus memiliki kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi diluar organisasi dan mampu memperhitungkan serta mengakomodasikan dampak dari perubahan-perubahan yang terjadi. 
          Organisasi sebagai suatu bentuk dan hubungan yang mempunyai sifat dinamis, dalam arti organisasi itu selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan organisasi). 

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. Memahami perubahan (Change) Manajemen atau Organisasi dalam suatu Perusahaan

    2. Memahami Jenis-Jenis Perubahan

    3. Memahami Tujuan dan manfaat Perubahan Dalam Suatu Manajemen

    4. Memahami Faktor yang menghambat Perubahan dalam Manajemen

    5. Memahami Tahap-Tahap Manajemen Perubahan

    6. Memahami Proses Pengelolaan Manajemen Perubahan


    •  PRE TEST TOPIK 12 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Post test topik 11 ditandai selesai
    •  12.1 PERUBAHAN (CHANGE) MANAJEMEN ATAU ORGANISASI DALAM SUATU PERUSAHAAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas PRE TEST TOPIK 12 ditandai selesai
    •  12.2 JENIS JENIS PERUBAHAN DALAM SUATU MANAJEMEN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.1 PERUBAHAN (CHANGE) MANAJEMEN ATAU ORGANISASI DALAM SUATU PERUSAHAAN ditandai selesai
    •  12.3 TUJUAN DAN MANFAAT PERUBAHAN DALAM SUATU MANAJEMEN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 JENIS JENIS PERUBAHAN DALAM SUATU MANAJEMEN ditandai selesai
    •  12.4 MEMAHAMI FAKTOR YANG MENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM MANAJEMEN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 TUJUAN DAN MANFAAT PERUBAHAN DALAM SUATU MANAJEMEN ditandai selesai
    •  12.5 TAHAP TAHAP MANAJEMEN PERUBAHAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 MEMAHAMI FAKTOR YANG MENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM MANAJEMEN ditandai selesai
    •  12.6 PROSES PENGELOLAAN MANAJEMEN PERUBAHAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.5 TAHAP TAHAP MANAJEMEN PERUBAHAN ditandai selesai
    •  12.7. KESIMPULAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.6 PROSES PENGELOLAAN MANAJEMEN PERUBAHAN ditandai selesai
    •  POST TES TOPIK 12 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.7. KESIMPULAN ditandai selesai
  • TOPIK 13 PERSAINGAN

    Indomaret Indonesia Terkuak Mengapa Indomaret Dan Alfamart Selalu

    Persaingan bisnis merupakan hal yang wajar di dunia perindustrian. Setiap perusahaan berlomba menawarkan berbagai macam keunggulan dan manfaat produk yang dipasarkannya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Dalam menghadapi persaingan tersebut, manajemen perusahaan harus cerdik dalam menciptakan ikatan tertentu antara produk yang ditawarkannya kepada konsumen.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. Mampu memahami tentang Persaingan

    2. Mampu memahami Jenis Persaingan

    3. Mampu memahami strategi Untuk Memenangkan Persaingan

    4. Mampu memahami tentang Aliansi Strategis

    5. Mampu memahami tentang Strategi Peningkatan Daya Saing


    •  PRE TEST TOPIK 13 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas POST TES TOPIK 12 ditandai selesai
    •  13.1 PENGERTIAN PERSAINGAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas PRE TEST TOPIK 13 ditandai selesai
    •  13.2 JENIS PERSAINGAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.1 PENGERTIAN PERSAINGAN ditandai selesai
    •  13.3 Strategi Untuk Memenangkan Bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 JENIS PERSAINGAN ditandai selesai
    •  13.4 ALIANSI STRATEGI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.3 Strategi Untuk Memenangkan Bisnis ditandai selesai
    •  13.5 STRATEGI DAYA SAING Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.4 ALIANSI STRATEGI ditandai selesai
    •  13.6. KESIMPULAN Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.5 STRATEGI DAYA SAING ditandai selesai
    •  POST TEST TOPIK 13 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.6. KESIMPULAN ditandai selesai
  • TOPIK 14 MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (1)

    Material Requirements Planning Software | OptiProERP

    Untuk menjamin kelancaran produksi, ketepatan waktu penerimaan bahan baku dan bahan pendukung lainnya oleh pihak produksi merupakan faktor yang sangat penting. Tanpa perencanaan yang matang serta pengendalian yang ketat, resiko ketepatan waktu dalam pemasokan dan penerimaan material (bahan baku dan bahan pendukungnya) akan menjadi semakin tinggi yang mengakibatkan produksi tidak mampu untuk menghasilkan jumlah unit produk yang dibutuhkan oleh Pelanggan/konsumen. Oleh karena itu, diperlukan suatu teknik ataupun sistem yang berfungsi untuk merencanakan jadwal keperluan material yang dibutuhkan. Teknik ataupun sistem tersebut biasanya disebut Material Requirement Plan atau disingkat dengan MRP. Dalam Bahasa Indonesia MRP atau Material Requirement Planning ini sering diterjemahkan menjadi Perencanaan Kebutuhan Material.

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. Mampu memahami pengertian MRP

    2. Mampu memahami fungsi MRP

    3. Mampu memahami bill of material

    4. Mampu memahami jenis bill of material


    •  Pre Test Topik 14 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas POST TEST TOPIK 13 ditandai selesai
    •  14.1 Pengertian MRP Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas Pre Test Topik 14 ditandai selesai
    •  14.2 Fungsi MRP Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.1 Pengertian MRP ditandai selesai
    •  14.3 Input MRP : Bill of Material Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Fungsi MRP ditandai selesai
    •  14.4 Jenis Bill of Material Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Input MRP : Bill of Material ditandai selesai
    •  14.5 Master Production Schedule Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Jenis Bill of Material ditandai selesai
    •  14.6 Kesimpulan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.5 Master Production Schedule ditandai selesai
    •  Post Test Topik 14 Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.6 Kesimpulan ditandai selesai
  • TOPIK 15 MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (2)

    Material Requirements Planning, MRP Systems, MRP Solutions, Services, Pune

    Pada materi ini mahasiswa diharapkan dan mampu:

    1. Mampu memahami MPS dan Strategi Proses

    2. Mampu memahami tentang data persediaan 

    3. Mampu memahami lead time

    4. Mampu memahami karakteristik permintaan

    5. Mampu memahami cara kerja MRP

    6. Mampu memahami output dari MRP


  • Topik 16. Ujian Akhir Semester

    •  uas Habib Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali:
      • Anda termasuk MO Semester 3 PEMASARAN SORE C
      • Anda termasuk MO Semester 3 MSDM PAGI - A
      • Anda termasuk MO Semester 3 MSDM PAGI - B
      • Anda termasuk MO Semester 3 PEMASARAN PAGI - A
      • Anda termasuk MO Semester 3 PEMASARAN PAGI - B
      • Anda termasuk MO Semester 3 PEMASARAN SORE - A
      • Anda termasuk MO Semester 3 PEMASARAN SORE - B
      • Anda termasuk MO Semester 3 MSDM Pagi C
    •  UAS IBU LENTA FRISKA PURBA Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali:
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - B
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - C
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- B
      • Anda termasuk Semester 3 MSDM SORE - A
    •  UAS IBU ELISABETH NAINGGOLAN Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda termasuk Semester 3 MSDM SORE - B
  • UAS SUSULAN

    •  UAS SUSULAN Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali:
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - B
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN PAGI - C
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- A
      • Anda termasuk Semester 3 KEUANGAN SORE- B
      • Anda termasuk Semester 3 MSDM SORE - A